AKTIF DALAM KEGIATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT P4S AFRO FARM NTT TERIMA BANTUAN SARPRAS DARI KEMENTAN

By: drh Fitri Salih


Kementerian Pertanian melalu Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) terus berupaya maksimal dalam mewujudkan peningkatan SDM Pertanian masyarakat Indonesia untuk mewujudkan keberhasilan sektor pertanian dan berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat. Salah satu hal yang menjadi perhatian utama BPPSDMP adalah peningkatan kebermanfaatan kegiatan pelatihan pertanian tidak saja oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelatihan dibawah BPPSDMP Kementan namun juga pemberdayaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).


P4S adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam beberapa kesempatan menyampaikan bahwa guna mendukung prioritas kebijakan pembangunan pertanian berbasis ketahanan pangan dibutuhkan SDM pertanian terbaik.


Menurutnya, hal itu sudah menjadi tuntutan karena cita-cita bersama untuk menghadirkan pertanian yang maju, mandiri dan modern perlu didukung oleh SDM yang mampu mengelola usaha pertanian berbasis Good Agricultural Practices (GAP) dengan sentuhan teknologi.
Sementara itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, mengatakan P4S merupakan lembaga pelatihan yang didirikan, dimiliki dan dikelola oleh petani secara swadaya, baik perorangan maupun kelompok.
P4S juga berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM pertanian dalam bentuk pelatihan dan pemagangan dari oleh dan untuk petani serta masyarakat perdesaan. Lebih lanjut beliau menambahkan peran P4S adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap positif petani terhadap perkembangan teknologi yang berorientasi agribisnis dan berbasis kearifan lokal.

P4S Afro Farm adalah salah satu P4S di wilayah NTT yang bergerak dibidang peternakan khususnya peternakan ayam KUB. Dengan slogan Hidup dari Menghidupkan Petani, P4S Afro Farm yang beranggotakan sejumlah petani milenial terus berkiprah melakukan pengelolaan pertanian dengan memanfaatkan seluas-luasnya teknologi informasi demi peningkatan. Aktifitas rutin yang dilaksanakan di farm P4S Afro Farm dimulai dari pemeliharaan Day Old Chick (DOC), pembesaran hingga penetasan telur dan pemasaran yang dilakukan seefisien mungkin menggunakan analisis manajemen pekandangan, manajamen pakan hingga pemasaran yang diharapkan mampu menjadi percontohan yang mudah ditiru oleh masyarakat karena diyakini bahwa bisnis ayam KUB yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi adalah solusi jitu peningkatan keseahteraan masyarakat khususnya masyarakat desa.


P4S Afro Farm terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar baik masyarakat umum, anggota kelompok tani, siswa dan mahasiswa, akademisi, pemerintah daerah ataupun pemerintah pusat untuk dapat secara langsung melihat proses pekerjaan di farm P4S Afro Farm yang berlokasi di Desa Baumata Timur Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang. P4S Afro Farm juga terus aktif membangun kemitraan dengan berbagai pihak khususnya pemerintahan baik dari Kementerian Pertanian maupun lembaga-lembaga lainnya dengan turut serta berperan aktif dalam setiap kegiatan yang diselenggarakan. P4S Afro Farm juga aktif melakukan kegiatan edukasi melalui forum diskusi bagi masyarakat desa khususnya anggota kelompok tani. Hingga saat ini P4S Afro Farm telah banyak menunjukkan manfaat kehadirannya ditengah masyarakat tidak saja berkaitan teknis pemeliharaan ternak DOC namun berperan penting dalam mempengaruhi minat anak muda untuk mau berperanaktif melakukan pengelolaan sektor pertanian.


Demi mendukung kelancaran seluruh kegiatan di P4S Afro Farm baik kegiatan teknis peternakan maupun kegiatan pembelajaran dan pelatihan, Kementerian Pertanian melalui BPPSDMP menyalurkan bantuan pemerintah berupa sarana prasarana yang dibutuhkan oleh P4S Afro Farm demi peningkatan kinerjanya. Diwakilkan oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang drh Bambang Haryanto, bantuan berupa Mesin Tetas, Kursi, Laptop, Porjector, Layar Projector dan Printer diserahkan langsung kepada ketua P4S Afro Farm Mardianus Ama Ili.
Dalam kegiatan ini Bambang menyampaikan harapannya agar bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini dapat bermanfaat bagi peningkatan produktifitas peternakan di P4S Afro Farm serta meningkatkan kebermanfaatan P4S Afro Farm di tengah-tengah masyarakat.


“Dengan adanya sarana prasarana yang semakin memadai ini tentunya kami berharap kedepan akan semakin banyak kegiatan pelatihan yang dapat dilaksanakan di P4S afro Farm sehingga semakin banyak masyarakat khususnya didesa yang memperoleh input khususnya berkaitan dengan pemeliharaan dan pemasaran ayam KUB secara efisien demi peningkatan kesejahteraan masyarakat” Ujar Bambang.
Ketua P4S Afro Farm Mardianus Ama Ili dalam kegiatan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Menteri Pertanian Indonesia, Kepala Badan PPSDMP Kementan, serta Kepala BBPP Kupang yang menyerahkan langsung bantuan di P4S Afro Farm.


“Kami sangat berterima kasih atas bantuan sarana prasarana yang telah diberikan untuk mendukung kegiatan kami di P4S Afro Farm semoga dengan adanya sarana prasarana yang semakin memadai ini produktifitas farm kami dapat ditingkatkan serta semakin banyak masyarakat yang dapat merasakan pengaruh dan maanfaat P4S Afro Farm dalam upaya peningkatan SDM Petanian” Ujarnya.

Views: 16

Posted in berita on May 11, 2022