Fungsi Rumah Potong Hewan

Sumber : pertanianku.com

Rumah potong hewan (RPH) merupakan tempat pemotongan daging dan menjadi salah satu bagian penting untuk menjamin ketersediaan daging yang layak untuk konsumsi masyarakat, baik dari segi kualitas maupun kualitas. Ada banyak fungsi dari rumah potong hewan yang masih jarang orang awam ketahui, simak ulasan berikut ini.

Mencegah penurunan kualitas daging sapi

Sapi yang akan dipotong di rumah hewan harus diperlakukan dengan baik karena cara pemotongan yang tidak baik dan tidak higienis dapat memengaruhi kualitas, mutu, keamanan, dan kehalalan daging yang dihasilkan. Keempat hal tersebut menjadi karakteristik penting yang harus dimiliki oleh daging sapi potong.

Pekerja yang beroperasi di rumah potong harus seorang muslim dan sehat agar daging yang dihasilkan halal dan sesuai dengan prinsip syariat Islam. Alat yang digunakan harus tajam dan bersih.

Menyelamatkan kesejahteraan hewan

Aspek selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kesejahteraan hewan. Seluruh tindakan yang akan diambil harus menerapkan prinsip kesejaheraan hewan, mulai dari peternakan, transportasi, pasar, hingga tempat penyembelihan. Kesejahteraan hewan yang dimaksud adalah hewan terbebas dari rasa lapar dan haus, terbebas dari ketidaknyamanan, terbebas dari rasa sakit atau penyakit, bebas untuk mengekspresikan perilaku alami, serta terbebas dari rasa takut dan cekaman.

Mudah untuk mengontrol sapi potong

Rumah potong hewan dapat memudahkan petugas untuk mengontrol sapi yang akan dipotong. Sapi yang akan dipotong harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). Setelah sampai di rumah potong, sapi akan diisolasi terlebih dahulu apabila terjangkit penyakit menular. Sementara itu, sapi yang sehat dapat langsung dipelihara di kandang rekondisi atau langsung dipotong.

Pelindung dari kemungkinan penyakit zoonotic

Sapi yang masuk ke rumah potong harus memiliki SKKH. Sapi yang tidak memiliki SKKH tidak bisa masuk ke rumah potong dan rumah potong boleh menolak sapi tersebut.

Pengendalian pemotongan hewan betina

Rumah potong juga berfungsi utnuk melakukan seleksi dan pengendalian terhadap pemotongan hewan betina yang masih produktif. Dengan demikian, populasi hewan ternak akan terus terjaga.

Views: 18

Posted in artikel peternakan dan pertanian on Feb 19, 2021