Pencegahan juga dapat dilakukan dengan merawat ternak yang sehat terlebih dahulu. Setelah itu, Anda baru merawat ternak kambing yang sedang sakit. Peralatan yang digunakan untuk merawat terna

Sumber : pertanianku.com

Mungkin Anda tidak asing dengan propolis karena banyak obat herbal yang menggunakannya sebagai salah satu bahan ramuan. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah untuk melindunginya dari berbagai ancaman, baik ancaman lingkungan yang tidak menguntungkan maupun serangan dari organisme lain. Selain itu, propolis juga berfungsi sebagai zat perekat.

Komponen utama propolis berasal dari resin atau getah tanaman yang dikumpulkan oleh lebah. Terutama, dari bagian bunga dan pucuk tanaman. Ada banyak tanaman yang menjadi sumber resin bagi lebah, tetapi tidak semua jenis tanaman menyediakan resin. Sementara itu, zat perekat dihasilkan dari beberapa jenis tanaman tertentu.

Propolis mampu membunuh semua kuman yang masuk ke sarang lebah karena bersifat disinfektan atau antibakteri. Hal ini dibuktikan dari adanya bangkai tikus yang ditemukan sudah tidak berbau karena tidak membusuk. Bangkai tersebut rupanya terbungkus oleh propolis yang dikenal sebagai lem lebah.

Lebah menggunakan propolis untuk menambal celah kecil yang berada di dalam sarangnya. celah tersebut umumnya berukuran 6,35 mm. Warna, aroma, dan kandungan propolis yang dihasilkan bervariasi, tetapi umumnya propolis berwarna cokelat terang hingga gelap. Namun, Anda bisa menjumpai propolis yang berwarna hijau, merah, hitam, kuning, dan putih. Sifat fisik dan kimia propolis sangat bergantung pada tanaman sebagai sumber resinnya.

Lebah yang membuat sarang di dekat tiang listrik bertegangan tinggi akan melapisi sarangnya dengan propolis yang cukup tebal. Cairan dari resin tanaman ini dapat memperkuat stabilitas struktural sarang lebah, mengurangi getaran yang berasal dari luar sarang, melindungi sarang dengan cara menambal celah-celah yang rusak, mencegah parasit dan penyakit masuk ke sarang, serta mencegah pembusukan di dalam sarang.

Fungsi perekat yang dimiliki oleh propolis membuat sarang lebah tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

Propolis dapat berbentuk cair hingga padat. Bentuknya dipengaruhi oleh temperatur penyimpanan. Semakin tinggi temperatur, propolis akan semakin cair. Adapun semakin rendah temperatur, bentuknya semakin keras dan rapuh.

Views: 14

Posted in artikel peternakan dan pertanian on May 09, 2022