Syarat Pakan Bebek yang Baik untuk Kelancaran Usaha Ternak Bebek

Sumber : pertanianku.com

Pakan menjadi kebutuhan utama yang harus dipenuhi karena pakan dapat berpengaruh langsung terhadap keberlangsungan hidup bebek. Namun, sayangnya, masih banyak peternak yang kurang perhatian terhadap jenis pakan bebek yang digunakan sehingga hasil yang didapatkan tidak maksimal atau biaya operasional pakan terlalu besar.

Agar Anda mendapatkan hasil ternak yang baik dengan pakan biaya pakan yang lebih efektif, simak ulasan mengenai syarat pakan bebek yang baik untuk kelancaran usaha.

Tidak bersaing dengan manusia

Ada beberapa bahan pakan bebek yang juga dibutuhkan oleh manusia, seperti jagung. Kondisi persaingan tersebut dapat membuat jumlah persediaan bahan pakan menjadi lebih sedikit dan harganya mahal.

Contoh bahan pakan yang tidak bersaing adalah singkong. Manusia membutuhkan singkong untuk diolah menjadi tepung tapikoa. Ampas dari pembuatan tepung tapioka berguna sebagai pakan bebek. Dengan begitu, pengolahan pakan bebek tidak akan mengganggu proses pengolahan tepung tapioka.

Mudah diperoleh

Ada banyak bahan baku yang tersedia dan dapat diolah menjadi pakan bebek. Anda bisa memilih salah satu jenis bahan baku yang mudah diperoleh di tempat Anda. Dengan begitu, harga jual bahan baku tersebut dapat lebih murah sehingga tidak membuat biaya pakan menjadi lebih besar.

Tersedia secara terus-menerus

Mengingat pakan adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari, Anda perlu memastikan persediaan bahan baku. Sebaiknya, jangan menggunakan bahan baku yang hanya tersedia pada musim-musim tertentu sebagai bahan baku utama. Pasalnya, ketika bahan tersebut sedang tidak ada, persediaan pakan untuk ternak menjadi terhambat.

Pergantian pakan yang disebabkan oleh kelangkaan bahan baku dapat menyebabkan bebek petelur menjadi stres sehingga memengaruhi tingkat produktivitas ternak.

Harga murah

Harga bahan baku menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan sebelum membeli. Anda harus mampu menilai harga bahan baku dan kandungan nutrisi di dalamnya. Dengan demikian, Anda bisa menghasilkan pakan yang lebih ekonomis dengan kandungan nutrisi lengkap. Anda tidak boleh asal membeli bahan baku pakan yang murah tanpa memerhatikan kandungan nutrisi karena dapat menyebabkan produktivitas bebek petelur menjadi lebih rendah.

Views: 18

Posted in artikel peternakan dan pertanian on Feb 21, 2021