Tumpas Asam Urat dengan Meniran

Sumber : pertanianku.com

Meniran (Phyllanthus urinariae) berkhasiat untuk menumpas asam urat. Herba ini rasanya agak pahit, manis, bersifat sejuk, dan astringen. Meniran mengandung filantin, hipofilantin, ellagic acid, ferulic acid, kalium, damar, dan tanin. Kandungan filantin dan hipofilantin berkhasiat melindungi sel hati dari zat toksin.

Khasiat lain dari meniran yang perlu Anda ketahui adalah peluruh dahak, peluruh haid, menerangkan penglihatan, menambah nafsu makan, mengeluarkan racun, pereda demam, antiradang, peluruh kencing, dan membersihkan hati.

Untuk mengobati rematik gout dan batu ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat darah, Anda dapat menyiapkan 30–60 gram meniran segar atau 15–30 gram meniran kering. Selanjutnya, cuci bersih meniran lalu rebus dengan 3 gelas air bersih hingga air rebusannya tersisa 1 gelas. Diamkan air rebusan meniran tadi hingga dingin, kemudian saring dan minum ramuan sekaligus.

Ramuan tersebut juga bisa digunakan untuk mengobati radang ginjal, sukar kencing karena infeksi dan batu saluran kencing, protein dalam urine akibat radang ginjal, sembab (edema), busung perut (asites), hipertensi, kencing manis, menambah nafsu makan pada anak yang kekurangan berat badan, peradangan pada usus, radang mata merah, hepatitis, sariawan, sakit kuning (jaundice) akibat lembap panas, diare, disentri, digigit ular, anjing gila, dan rabun senja.

Namun, Anda harus menggunakan ramuan dalam dosis yang tepat. Pasalnya, penggunaan dosis yang tinggi bisa menyebabkan disfungsi ereksi (impotensi).

Asam urat terbentuk sebagai sisa metabolisme protein makanan yang mengandung purin. Oleh karena itu, kadar asam urat akan meningkat setelah Anda banyak mengonsumsi daging atau makanan lainnya yang mengandung purin tinggi. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan kadarnya bertambah, mulai dari produksi purin yang meningkat hingga pembuangan yang berkurang.


Views: 14

Posted in artikel peternakan dan pertanian on Sep 16, 2022