BBPP Kupang Melatih Penyuluh/Petugas Tentang Strategi Pemberian Pakan Sapi Potong

By: Marthen L Ressie

 Pakan merupakan komponen produksi yang mempuyai nilai ekonomi yang cukup mahal dan dibutuhkan dalam jumlah yang  tercukupi,dan  pakan juga merupakan salah satu faktor pembatas dalam beternak. Pemberian pakan harus dilakukan secara efektif dan efisien sesusai dengan tujuan dalam beternak. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang  mengadakan Pelatihan Teknis Budidaya Sapi Potong Bagi Penyluh Pertanian/Petugas  (08-14 Juni 2024). Salah satu meteri yang disampaikan adalah Strategi Pemberian Pakan Sapi Potong.

Pemberian pakan harus diatur agar pakan akan efisien pakan oleh ternak bisa berlangsung dengan baik, dengan memperhatikan waktu dan cara pemberian, jenis pakan yang diberikan serta jumlah pakan yang disajikan akan sangat menetukan keberhasilan dalam beternak. Pemberian pakan pada ternak sapi potong biasanya berasal dari hijauan dan konsentrat, untuk iru perlu diatur cara pemberian agar ternak dapat menkonsumsi pakan dengan baik dan tidak menimbulkan gangguan dan  stress.

Pemberian Pakan yag sesuai dengan kebutuhan ternak, dimana dilakukan dengan cara penyajian yang bersalang antara konsentrat dan hijauan serta waktu pemberian yang tepat akan memberikan manfaat yang baik terhadap tenak dalam mencerna pakan yang diberikan. Pada Saat praktikum peserat sangat senang karena mendapat ;pengetahuan dan pengalaman baru dalam mekaukan strategi Pemberian pakan sapi potong

Dipublikasi Pada : 01-07-2024