GENJOT PRODUKSI TERNAK, BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING UNTUK PETUGAS INSTALASI TERNAK DAN HPT

By: Sukmawati

Dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dam kompeternsi kerja pegawai di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang mengelar In House Training Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola Instalasi Ternak, Pakan, Limbah dan Kesehatan Ternak. Kamis, 28 Maret 2024 dan diikuti oleh petugas instalasi ternak dan HPT yang berjumlah kurang lebih 20 orang.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan penguatan SDM harus dilakukan untuk memperkuat sektor pertanian dan peternakan sekaligus mendukung upaya untuk mencapai swasembada.

“Saya optimis bahwa dua sampai tiga tahun kedepan Indonesia akan mencapai swasembada pangan jika didukung SDM yang berkualitas,” tutur Amran

Pernyataan tersebut diperkuat Kepala BPPSDMP, Dedi Nurysamsi menjelaskan, sumber daya manusia pertanian peternakan menjadi faktor kunci keberhasilan program pembangunan pertanian.

 “Tugas kementan tidaklah mudah karena harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat sehingga diperlukan adanya peningkatan kualiatas sumber daya,” ujar Dedi.

In House Training Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola Instalasi Ternak, Pakan, Limbah dan Kesehatan Ternak bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petugas dalam menjalankan tugas sehingga memiliki kompetenso di bidang layanan yang diembannya.

Narasumber IHT berasal dari fasilitator atau widyaiswara BBPP Kupang. Yang menyampaian materi mengenai paka, kesehatan hewan dan bagaimana melakukan pemeliharaan pada ternak. Selain teori, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan yang sering di hadapi di lapangan.

Dalam sambutannya, Kepala BBPP Kupang, Yulia Asni Kurniawati menyampaikan bahwa IHT sangat penting dalam untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para petugas instalasi.

“saya berharap dengan mengikuti IHT, pengetahuan staf pengelola instalasi ternak dapat meningkat dalam segi pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan produksi ternak di wilayah NTT,” imbuh Yulia.

Semoga dengan peningkatan kapasitas petugas di BBPP Kupang dapat memberikan sumbangsih dalam sektor pertanian dan peternakan di Kupang yang dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dipublikasi Pada : 31-03-2024