BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING BAGI PETUGAS KEAMANAN DAN PENGEMUDI

By: drh. Helda Gadja

In House Training bagi petugas keamanan dan pengemudi telah dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2024 di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Kegiatan ini sebagai bukti kepedulian Pimpinan BBPP Kupang akan pentingnya peran dari petugas keamanan dan pengemudi, mengingat petugas keamanan dan pengemudi merupakan salah satu pilar utama dalam pelayanan prima.

Kegiatan peningkatan kapasitas ini terdiri dari beberapa bagian yaitu peningkatan kapasitas terhadap petugas keamanan dan pengemudi ; petugas adminstrasi; pramu asrama dan petugas taman; serta petugas instalasi. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dan kemudian peserta dibagi ke beberapa kelas sesuai dengan bidangnya masing-masing.

In House Training bagi Petugas Keamanan dan Pengemudi menghadirkan Personil dari Polisi Sektor Kupang Tengah Alfrid Lilo dan Suharja Ismail. Dalam kegiatan tersebut, narasumber memaparkan materi terkait dengan standar pelayanan yang harus dilakukan oleh petugas keamanan dan juga pengemudi seperti pengaturan penjagaan, pengawalan, patroli hingga rambu-rambu lalulintas. Selain pemberian materi, peserta juga diajak untuk mempraktikan langsung pelayanan sesuai dengan materi yang telah diberikan.

“Petugas keamanan dan juga pengemudi memiliki peran yang penting namun biasanya masih kurang dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Sebagai contoh, banyak yang belum memiliki pengetahuan yang cukup terkait aturan berlalu lintas sehingga seringkali terjadi pelanggaran yang bisa membahayakan keselamatan. Selain itu seringkali tidak memiliki keterampilan yang memadai dalam menghadapi situasi yang mungkin terjadi di lapangan, seperti tindakan criminal dan sebagainya.

Hal ini cukup memprihatinkan sehingga harus segera diperbaiki dengan meningkatkan kapasitas petugas sehingga dapat dipastikan bahwa keamanan dan kelancaran kegiatan di Balai dapat berjalan dengan baik.” Ujar Alfrid

Ditemui usai membuka secara resmi In House Training Peningkatan Kapasitas Pegawai, Kepala BBPP Kupang Dr. Ir. Yulia A. Kurniawati, M.Si mengajak mengajak seluruh pegawai petugas keamanan dan pengemudi untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui berbagai cara, seperti mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh pemerintah atau institusi pendidikan, membaca buku-buku dan artikel-artikel terkait, serta bertukar pengalaman dengan rekan-rekan seprofesi.

“Saya yakin bahwa jika kita semua bersatu dan bekerja sama, kita dapat menciptakan sebuah lingkungan yang lebih aman dan nyaman untuk kita semua. Sehingga, kita dapat merasakan manfaatnya secara langsung, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam membangun negara yang lebih maju dan sejahtera. Terakhir, saya ingin mengingatkan bahwa peningkatan kapasitas pegawai petugas keamanan dan pengemudi bukanlah hal yang dapat dilakukan dalam waktu singkat atau sekali jalan.

Namun, hal ini adalah sebuah proses yang membutuhkan kesabaran, kerja keras, dan dedikasi yang tinggi dari semua pihak. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas pegawai petugas keamanan dan pengemudi, demi keamanan dan kemajuan Balai kita tercinta”. Pungkas Yulia

Dipublikasi Pada : 03-04-2024