TINGKATKAN KAPASITAS PETUGAS PENGELOLA INSTALASI BUDIDAYA TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA, BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING

bY: Sukmawati

Sebagai fasilitator pembangunan pertanian yang bergerak pada bidang pelatihan peternakan dan pertanian bagi SDM Aparatur dan Non Aparatur, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebagai unit pelaksana teknis di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian terus membangun sistem manajemen mutu untuk meningkatkan performa kinerja dalam mewujudkan program utama Kementan

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terus menekankan target Kementan untuk meningkatkan produksi pertanian. Amran menyebutkan bahwa SDM berperan penting mengawal target tersebut.

“Semua pihak harus bahu-membahu. Kita punya PR besar untuk meningkatkan produksi komoditas pertanian,” kata Amran

Kepala BPPSDMP, Dedi Nurysamsi menyampaikan “Tugas kementan tidaklah mudah karena harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat sehingga diperlukan adanya peningkatan kualiatas sumber daya,” ujar Dedi.

Hal ini yang melatarbelakangi BBPP Kupang menyelenggarakan In House Training (IHT) Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola Instalasi Budidaya Tanaman pangan dan Hortikultura pada hari Kamis, 28 Maret 2024. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam mengelola instalasi budidaya tanaman pangan dan hortikultura secara efisien dan berkelanjutan

Narasumber IHT berasal dari fasilitator atau widyaiswara BBPP Kupang. Selain teori, peserta juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung di instalasi budidaya tanaman pangan dan hortikultura di BBPP Kupang, selain itu peserta juga diajak berdiskusi dan berbagi pengalaman dalam menghadapi tantangan yang sering di hadapi di lapangan.

Dalam sambutannya, Kepala BBPP Kupang, Yulia Asni Kurniawati menyampaikan bahwa IHT sangat penting dalam untuk meningkatkan kapasitas petugas dalam mengelola instalasi budidaya tanaman pangan dan hortikultura. Hal ini sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan ketahan pangan nasional. Selain ini hal ini merupakan komitmen lembaga untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas para pegawainya.

“saya berharap dengan mengikuti IHT, pengetahuan staf pengelola divisi Hortikultura dapat meningkat dalam segi pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah NTT,” imbuh Yulia.

Semoga dengan peningkatan kapasitas petugas di BBPP Kupang dapat memberikan sumbangsih dalam sektor pertanian dan peternakan di Kupang yang dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Dipublikasi Pada : 31-03-2024