Tingkatkan Layanan Publik, BBPP Kupang Gelar In House Training bagi Petugas Asrama

By: M.Noor

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik. Salah satu yang dilakukan adalah dengan dilaksanakannya In House Training (IHT) terkait peningkatan kualitas layanan publik bagi seluruh petugas layanan publik BBPP Kupang yang bertempat di Aula BBPP Kupang, Rabu (27/03) lalu.

Membuka kegiatan, Kepala BBPP Kupang, Yulia Asni Kurniawati mengungkapkan Kegiatan In House Training merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi petugas layanan.

“Kegiatan In House Training menjadi hal penting yang harus dilakukan secara rutin bagi petugas layanan publik untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya dengan melibatkan stakeholder yang profesional dan berpengalaman di bidangnya masing – masing.” Kata Yulia.

Lebih lanjut, Yulia berharap dengan terselenggaranya Kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja setiap petugas layanan dan berimbas pada kualitas pelayanan BBPP Kupang yang semakin baik kedepannya.

Salah satu bidang yang tidak luput dari IHT ini adalah Pramu asrama dan pengelola taman. Dimana bidang ini berperan dalam memberikan layanan publik khususnya bagi tamu / peserta pelatihan yang tinggal di asrama selama kegiatan pelatihan berlangsung.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan Pelayanan Publik suatu instansi haruslah berkualitas dan prima hal itu menunjukkan kualitas instansi itu sendiri dan keberpihakan kita kepada rakyat.

"Hanya dengan pemerintahan yang baik dan berpihak pada rakyat, yang melindungi rakyat, yang bisa menjanjikan kesejahteraan only strong and good governance can do Fast dan bentuk melindungi dan memberi rahmat pada rakyat itu adalah bentuknya pelayanan, pelayanan publik " ujar Amran

Di kesempatan berbeda, Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan, kualitas pelayanan publik harus diperbaharui. Hal itu dilakukan untuk mengimbangi perkembangan sektor pertanian dan pendukungnya terus berkembang pesat.

“Perlu kita pertahankan bahwa seluruh UPT di lingkup Kementerian pertanian harus maksimal dalam melaksanakan tugasnya yaitu mengutamakan pelayanan publik,” Kata Dedi.

Adapun materi yang diberikan kepada petugas asrama dan pengelola taman ini diantaranya, Standar Operasional Prosedur (SOP) Layanan Publik, Komunikasi dan Etika Layanan Publik, Kebersihan dan Kenyamanan Asrama dan Taman, dan Pengelolaan Taman yang Efektif dan Efisien.

Dengan output yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap para peserta IHT dalam memberikan layanan publik yang berkualitas kepada para tamu dan pengunjung BBPP Kupang sehingga para tamu dan pengunjung BBPP Kupang merasa nyaman dan puas.

Selain bagi Pramu Asrama dan Pengelola Taman, kegiatan IHT ini juga dikhususkan bagi petugas pelayanan publik lainnya seperti Pengemudi, Petugas Keamanan, Petugas Kebersihan, Petugas Administrasi, Petugas Kehumasan dan Petugas Instalasi Ternak dan HPT dengan menghadirkan Narasumber dari Kepolisian Sektor Kupang Tengah, SMKN 3 Kota Kupang, LP3I, Widyaiswara dan Petugas Kehumasan BBPP Kupang.

Dipublikasi Pada : 29-03-2024