BBPP Kupang Gelar sertifikasi THL-TBPP 2021

By: drh. Helda Gadja

(18 Agustus 2021) Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian bagi THL-TBPP TUK BPP Kupang telah dilaksanakan tanggal 13-18 Agustus 2021 berjalan dengan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh 118 peserta dari 121 peserta/calon asesi yang direkomendasikan. semua peserta berasal dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi NTT.
Hari ini. 18 Agustus 2021 dilakukan acara penutupan Kegiatan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian bagi THL-TBPP TUK. acara ini dihadiri oleh Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto. MM beserta jajarannya. Dalam kesempatan tersebut. Kepala BBPP Kupang memberikan sambutannya. ?Harapan kami. kiranya asesi yang telah mengikuti sertifikasi profesi penyuluhan pertanian dinyatakan kompeten dan memenuhi syarat untuk diangkat sebagai tenaga PPPK di wilayah kerja masing-masing.? Ungkap Bambang

Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Penyuluh Pertanian bagi THL-TBPP ini merupakan upaya dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) untuk mendukung program utama Pertanian. dimana penyuluh pertanian merupakan ujung tombak pembangunan pertanian yang berperan dalam mendampingi petani di lapangan.

?Dengan peningkatan SDM dalam skala besar akan membuat pertanian semakin berdaya saing. Memberikan banyak manfaat ekonomi dan kesejahteraan. Menjadi penopang dan berkontribusi maksimal bagi pertumbuhan ekonomi nasional." terang SYL.

Sementara itu. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menjelaskan. perhatian besar diberikan kepada THL-TBPP.

"Kementan memberikan perhatian besar kepada seluruh THL-TBPP. Mereka bisa menjadi PPPK setelah menjalani sertifikasi terlebih dahulu. Untuk itu. persiapkan. sertifikasi sebaik mungkin agar hasilnya positif. Sebab. sertifikasi juga menjadi bukti kompetensi dan kualitas SDM pertanian untuk menjawab tantangan ke depan." jelas Dedi.

Ditambahkannya. "Keberhasilan sertifikasi menjadi penting. Sebab. penyuluh pertanian ikut menentukan keberhasilan program pembangunan pertanian. Mereka ini adalah garda terdepan dalam peningkatan kualitas pertanian. Penyuluh itu perantara dan penghubung informasi untuk dan dari petani." tegas Dedi.

Dipublikasi Pada : 18-08-2021