PELATIHAN TEKNIS INSEMINASI BUATAN; ASISTEN TEKNOLOGI REPRODUKSI DAN PEMERIKSAAN KEBUNTINGAN BAGI PETUGAS DI NUSA TENGGARA TIMUR

By : drh Fitri Salih

Demi peningkatan Sumber Daya Manusia Pertanian serta kualitas dan kemapuan Petugas Asisten Teknis Reproduksi. Petugas Inseminator dan Petugas Pemeriksaan Kebuntingan di Nusa Tenggara Timur. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang beserta Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan kerjasama untuk menyelanggarakan Pelatihan Teknis Inseminasi Buatan. Asisten Teknologi Reproduksi dan Pemeriksaan Kebuntingan Bagi Petugas di Nusa Tenggara Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. Peserta pelatihan merupakan petugas teknis IB. ATR dan PKB di wilayah Nusa Tenggara Timur sejumlah 30 orang yang terbagi dalam 3 jenis pelatihan ini. Kegiatan Pelatihan dilaksanakan selama 3 minggu sejak 29 September 2020 sampai tanggal 19 Oktober 2020. Pelatihan Teknis Asisten Teknis Reproduksi dan Pemeriksaan Kebuntingan dilaksanakan selama 2 minggu hingga tanggal 12 Oktober 2020 sedangkan Pelatihan Teknis Inseminasi Buatan dilaksanakan selama 3 minggu di BBPP Kupang dan beberapa lokasi yang telah ditentukan di wilayah Kota dan Kabupaten Kupang.

Dalam acara pembukaan yang diadakan pada tanggal 29 September 2020 di Aula BBPP Kupang. turut hadir Kepala BIB Lembang beserta staff. Kepala BBPP Kupang beserta staff serta perwakilan dari Dinas Peternakan Provinsi NTT. Kegiatan pelatihan dibuka secara langsung oleh Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Ir. Sugiono. MP secara virtual melalui zoom meeting. Dalam sambutannya Kepala BIB Lembang Ir. Tri Harsi. MP menyampaikan tujuan diadakannya kerjasama dalam bentuk pelatihan ini adalah untuk peningkatan sumber daya manusia pertanian baik bagi aparatur maupun non aparatur pertanian agar memiliki kemampuan yang memadai dan berkompeten dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dilapangan secara professional dan efektif sehingga membawa perubahan yang baik pada sektor pertanian secara umum.

Kepala BBPP Kupang drh Bambang Haryanto. MM dalam sambutannya menyampaikan harapan yang besar terhadap terjalinnya kerjasama antara BBPP Kupang dengan BIB Lembang dan memastikan kegiatan pelatihan yang diadakan di BBPP Kupang dapat berjalan dengan baik. Beliau juga berharap kedepannya semakin banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan secara bersama setelah terjalinnya kerja sama antara BIB Lembang dan BBPP Kupang yang terekam dalam Memorandum of Understandiung (MoU) yang telah ditandatangai bersama. Secara khusus beliau sampaikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan waktu pelatihan secara maksimal karena banyaknya narasumber yang merupakan ahli reproduksi berkompeten dari berbagai instansi diantaranya Direktorat Perbibitaan dan Produksi Ternak Ditjen PKH. BIB Lembang. BBPP Kupang. Dinas Peternakan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dinas Peternakan Kabupaten Kupang. BBIB Singosari dan BET Cipelang.

Dipublikasi Pada : 29-09-2020