5 Cara Ternak Ayam Broiler Sukses Paling berhasil yang Wajib Anda Lakukan!

Sumber: https://ayamkita.com

Ayam broiler menjadi ras yang paling banyak dibudidayakan hal itu dikarenakan kebutuhan ayam ini dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut terbukti dengan semakin banyaknya restoran yang membuka bisnis berhubungan dengan olahan daging ayam. Tidak hanya itu saja ayam ini juga banyak dijadikan sebagai konsumsi pribadi dan juga konsumsi orang banyak terutama saat hajatan maupun saat acara tertentu. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang melirik bisnis ini karena peluangnya yang terbuka dengan lebar.

Beternak Ayam Broiler Sukses

Memang peluang dari bisnis ayam broiler ini sangat menggiurkan dan terbuka dengan lebar namun menggeluti bisnis peternakan ayam broiler tidak mudah. Dibutuhkan cara dan teknik yang benar supaya tidak banyak ayam yang mati. Bagi Anda yang tertarik untuk menggeluti bisnis peternakan ayam broiler. simak cara ternak ayam broiler sukses seperti berikut ini:

  1. Bibit yang berkualitas

Kunci kesuksesan peternakan ayam broiler adalah bibit yang berkualitas. Hanya bibit berkualitas yang bisa bertahan sampai masa panen tiba. hal itu dikarenakan ayam broiler rawan dari penyakit dan hanya bibit yang berkualitas baguslah yang memiliki sistem imun yang kuat.

  1. Perawatan DOC yang benar

Cara ternak ayam broiler sukses selanjutnya adalah harus merawat DOC dengan benar. DOC ini juga menjadi kunci kesuksesan dalam ternak ayam broiler. Semakin banyak DOC yang hidup maka semakin banyak ayam yang bisa dipanen dan hal tersebut akan menguntungkan bagi Anda. Untuk merawat DOC yang tepat adalah berikanlah kandang yang aman dan nyaman. Supaya aman kandang harus diawasi supaya tidak ada hewan lain yang memangsa DOC tersebut. Kandang juga harus nyaman dimana di dalamnya ada brooder atau penghangat dan juga dilengkapi dengan cahaya lampu.

  1. Pakan yang benar

Pakan menjadi salah satu poin penting yang harus diperhatikan oleh Anda. Hal itu dikarenakan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang dan juga produktivitas ayam broiler tersebut. Ayam yang tidak diberikan pakan bernutrisi dagingnya tidak akan bisa bertambah dengan pesat sehingga bobotnya bisa di bawah standar. Tidak hanya itu saja. pemberian pakan ini harus disesuaikan umur atau periodenya. dan harus tepat waktu.

  1. Kandang yang ideal

Untuk bisa beternak ayam broiler secara sukses penting bagi Anda untuk memperhatikan seperti apa kandang yang ideal untuk tumbuh kembang ayam broiler ini karena tiap ayam memiliki kandang idealnya masing-masing. Untuk ayam broiler ada dua jenis kandang yang bisa di pilih yaitu open house atau closed house. Untuk kandang open house ini lebih murah dan perawatannya lebih mudah. namun kelemahannya adalah saat musim kemarau akan membuat ayam lebih rentan sakit karena banyak sisi yang terbuka sehingga menyebabkan virus maupun bakteri mudah masuk ke dalam kandang dan menular ke ayam. Closed house lebih unggul dibandingkan dengan open house karena ayam akan aman di dalam kandang dan dilengkapi dengan teknologi yang modern. meski begitu Anda harus merogoh kocek yang lumayan dalam untuk menggunakan kandang jenis ini.

  1. Vaksin

Ayam broiler masih membutuhkan vaksin untuk melindunginya dari berbagai macam penyakit ayam. Penyakit ayam broiler ini tidak boleh disepelekan karena akan mudah menyebar dengan cepat. selain itu ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan dan berefek pada kematian. Berikanlah vaksin lengkap supaya ayam mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Selain memperhatikan cara ternak ayam broiler sukses seperti yang disebutkan di atas. Anda juga harus membuat bisnis peternakan ayam yang Anda geluti bebas dari antibiotik karena kebanyakan mengonsumsi daging dengan antibiotik akan membuat orang tersebut jadi resistan terhadap antibiotik.

Cara Merawat Kandang Ayam Broiler yang Benar untuk Daging yang Lebih Sehat


Kandang menjadi faktor penunjang keberhasilan bisnis ternak ayam yang dilakukan. Hal itu dikarenakan setiap waktu ayam broiler menghabiskannya di dalam kandang. Jika kandangnya tidak nyaman dan aman ayam akan merasa tidak betah berada di dalam kandang. merasa tersiksa dan stress. Ayam yang stress sangat tidak bagus dikonsumsi karena kadar pHnya sudah berubah. Selain itu ayam broiler membutuhkan kandang yang bersih. karena ayam broiler yang tumbuh dan berkembang di dalam lingkungan yang bersih dagingnya lebih sehat untuk dikonsumsi. Berikut ada beberapa cara merawat kandang ayam broiler yang baik dan benar:

Bersihkan Kandang Secara Teratur

Untuk membuat ayam bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat. kandang harus dibersihkan secara teratur minimal dua kali dalam sehari. Kotoran yang terlalu banyak menumpuk di dalam kandang akan membuat kadar amonia menjadi tinggi. Hal ini akan menyebabkan ayam broiler menjadi tidak nafsu makan. sehingga tumbuh kembangnya menjadi tidak maksimal karena nutrisinya tidak tercukupi dengan baik.

Pengeluaran Barang-Barang

Untuk bisa memaksimalkan perawatan dan pembersihan kandang harus mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam kandang seperti litter. tempat pakan. minum dan lain sebagainya. Pembersihan dan perawatan kandang ini bisa dilakukan setiap periode ternak dan tidak bisa dilakukan saat masih ada ayam di dalamnya. Setelah semua peralatan dikeluarkan barulah kandang disapu dan dibersihkan dari beberapa kotoran yang melekat.

Penyemprotan Kandang

Proses selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan penyemprotan. Tujuan penyemprotan supaya kutu yang melekat di dalam kandang bisa dihilangkan. Kutu ini juga menyebabkan ayam broiler tidak bisa merasakan nyaman saat berada di dalam kandang karena menyebabkan ayam menjadi gatal-gatal di seluruh tubuh. Saat melakukan penyemprotan harus melindungi diri dengan menggunakan helm. masker. dan juga sarung tangan. Tidak hanya menyemprot dengan pembasmi kutu saja namun juga harus disemprot dengan menggunakan cairan desinfektan supaya kuman dan bakteri yang ada di dalam kandang bisa mati. Jika dirasa perlu peralatan makan dan minum juga bisa direndam dengan desinfektan yang aman untuk bahan makanan.

Pembersihan Atap Kandang

Cara merawat kandang ayam broiler ini harus menyeluruh dari atas sampai bawah. Selain memperhatikan kebersihan di dalam kandang. kebersihan atap juga harus diperhatikan. Jika ada atap kandang yang bocor segera perbaiki supaya saat hujan tidak kehujanan dan saat panas ayam tidak kepanasan.

Pengeringan Kandang

Supaya kandang lebih awet dan tidak berjamur setelah dilakukan pembersihan. kandang dijemur supaya kondisinya benar-benar kering. Di saat cuaca panas seperti saat ini pengeringan kandang tidak membutuhkan waktu lama. Selain membuat awet. kandang yang lembap juga tidak bagus untuk tumbuh dan kembang ayam broiler.

Sterilisasi

Untuk benar-benar membuat kandang tersebut awet dan steril diperlukan pengosongan kandang atau sterilisasi. Saat proses ini kandang tidak boleh digunakan untuk memelihara ayam barulah setelah minimal seminggu bisa digunakan untuk ternak ayam kembali.

Pentingnya Sterilisasi dan Perawatan Kandang yang Benar

Ada peternak yang malas untuk melakukan pembersihan dan juga sterilisasi. Dengan tidak melakukan sterilisasi akan menyebabkan bakteri dan mikroba yang tersisa di periode ternak sebelumnya mempengaruhi ternak yang ada di periode saat ini. sehingga jangan heran jika di periode ternak yang saat ini banyak ayam yang sakit-sakitan apalagi jika terlambat memberikan vaksin. Oleh sebab itulah sterilisasi ini penting dilakukan terutama setelah masa panen tiba.

Demikianlah cara merawat kandang ayam broiler yang sangat penting untuk dilakukan. semoga informasi ini bermanfaat.

Dipublikasi Pada : 11-03-2019