Bangun ASN Profesional, BBPP Kupang Lakukan Pembinaan Karakter

BY: Ami Daiman

Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia pertanian tidak hanya untuk para petani dan penyuluh, tapi dimulai di internal Kementerian Pertanian. Tidak hanya skill nya yang di tingkatkan tapi karakter juga di bentuk.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan kerap mengingatkan bahwa SDM pertanian memiliki peranan penting dalam mendukung produktivitas pertanian. Tidak hanya pelaku usaha tani, seluruh yang terlibat dalam roda kegiatan pertanian, termasuk seluruh pegawai Kementan merupakan SDM pertanian. Oleh sebab itu, adanya pembinaan pegawai menjadi salah satu upaya memperkuat SDM pertanian.

“Karena keberhasilan pembangunan pertanian terletak pada kekuatan SDM pertanian yang berkualitas, handal, profesional serta berdaya saing,” ujar Amran.

Senada dengan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mendorong pembentukan karakter bagi para pegawai lingkup Badan SDM untuk membangun sinergi dan kekompakan dalam pembangunan pertanian.

“Sebuah organisasi dapat dikatakan berhasil jika ada kekompakkan dalam satu tarikan nafas, sebuah lembaga dituntut menjaga hubungan yang baik untuk menumbuhkan iklim kerja yang produktif. Maka, perlu meningkatkan fungsi kinerja, adanya pembinaan, emosional dan spiritual menuju reformasi birokrasi yang bersih, kompeten dan melayani.”, tutur Dedi.

Selasa 4/06/2024 Sekertaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dr. Ir. Siti Munifah. M.Si melakukan Kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang dalam rangka pembinaan pegawai. Hadir dalam acara tersebut seluruh manajemen Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang dan seluruh pegawainya baik ASN maupun Tenaga Harian Lepas (THL). Tujuan pembinaan pegawai ini sangat penting menjadi sebuah motivasi dalam meningkatkan kinerja SDM dan membekali diri dalam rangka meningkatkan profesionalisme, Integritas, kualitas kinerja, disiplin, dan meningkatkan pelayanan publik.

Dalam arahannya  Sesba Siti Munifa menekankan pesan dari Menteri Pertanian dalam rangka merubah peradaban di lingkungan kerja kementerian pertanian dengan saling menjaga. saling melindungi dan saling berbagi terhadap sesama karena kementerian pertanian tidak bisa bekerja sendiri mewujudkan tujuan-tujuan pertanian bagi kemakmuran 267 juta jiwa warga Indonesia. Beliau juga menekankan kepada seluruh pegawai untuk menjaga komitmen dan bekerja secara maksimal sesuai tugas pokoknya masing-masing berpedoman pada pakta integritas yang telah ditandatangani.

"Setiap individu yang bekerja di lembaga ini harus memiliki kesadaran dan tanggung jawab penuh terhadap tugas dan fungsinya masing-masing sehingga segala pekerjaan dapat dilakukan secara efektif dan efisien tanpa harus menunggu komando yang berulang-ulang dari Pimpinan. Beradaptasi dengan perkembangan zaman dan jangan pernah merasa terlalu tua untuk mulai mempelajari hal-hal yang baru " ujar Siti

ditambahkan Siti Munifa Sebagai pegawai Kementan, profesionalisme sangat diperlukan dalam bekerja.

" ASN maupun THL di bawah payung besar Kementan, profesionalisme sangat diperlukan dalam bekerja bukan hanya di lingkup UPT. Dengan saling berkolaborasi dan membangun jejaring antar UPT Kementan, dapat memperkaya output dan maksimalkan pelayanan kepada masyarakat. pelayanan publik itu utama karena kita butuh kepercayaan dari masyarakat untuk terus membangun kementerian pertanian. kita bangun kepercayaan internal lalu kita tingkatkan untuk wujudkan kepercayaan eksternal dengan melakukan terobosan terbaru pelayanan prima, sehingga apabila di survay IKM kita menjadi baik di mata publik " tutur Siti.

 dalam acara pembinaan tersebut juga di paparkan tentang akan di bukanya rektrutmen ASN Baik CPNS maupun PPPK dan BBPP kupang telah mengusulkan formasi CPNS dan PPPK untuk tahun 2024 sebanyak 61 formasi yang terbagi dalam berbagai jabatan CPNS maupun PPPK.

Sesba mengakhiri arahan dengan berdialog dan membuka sesi tanya jawab. Kesempatan ini dimanfaatkan oleh pegawai BBPP Kupang untuk menyampaikan kendala serta diskusi bersama PNS maupun THL. "Terimakasih, mudah-mudahan arahan hari ini dapat menjadi motivasi bekerja lebih semangat dan lebih baik lagi," tutup Siti.

Kepala BBPP Kupang Dr. Yulia Asni Kurniawati, M.Si dalam sambutan selamat datang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Sekretaris Badan PPSDMP yang telah berkenan hadir dan memberikan bimbingan kepada pegawai BBPP Kupang. Beliau berharap dengan kunjungan dan bimbingan dari Sekertaris Badan PPSDMP ini dapat menambah semangat kerja para pegawai BBPP Kupang untuk dapat terus berkarya dan berinovasi serta bekerja luar biasa membangun BBPP Kupang sehingga BBPP Kupang menjadi semakin bersinar di mata publik.

 

Dipublikasi Pada : 04-06-2024