BBPP Kupang adakan Up Grading Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2015

By: Bayu Ariawan

Published: 21 September 2018

Dalam rangka meningkatkan kepuasan kepada para pelanggan. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang bertekad menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001agar menjadi lembaga penyelenggara pelatihan peternakan yang berorientasi pada peningkatan mutu pada semua kegiatan. ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001 dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.Upaya pencapaian yang telahdilakukan diantaranya dengan senantiasa mematuhi semua peraturan yang berlaku dan senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan. Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan melaksanakan up grading manajemen mutu ISO 9001 dari versi 2008 menjadi 2015melalui kegiatan in house training.

?Kegiatan in house trainingdilaksanakan di Aula BBPP kupang mulai tanggal 10 ? 14 September 2018 mulai pukul 09.00 ? 15.00 WITA. Seluruh pejabat struktural. fungsional widyaiswara dan tim manajemen mutu BBPP Kupang hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Materi up grading meliputi: Standar ISO 9001:2015. penyusunan revisi manual mutu. penyusunan konteks organisasi. workshop penyusunan manajemen resiko. dan pelatihan audit internal bagi para calon auditor. Melalaui kegiatan up grading tersebut diharapkan seluruh manajemen dan tim ISO BBPP Kupang memiliki pemahaman yang komprehensip berkaitan dengan sistem manajemen mutu (ISO) 9001:2015 termasuk perubahan-perubahan yang terjadi dari versi sebelumnya (2008).

Bayu Ariawan. S.Pd.Si. M.Pd selaku ketua tim manajemen mutu (QMR) BBPP Kupang menandaskan bahwa hal yang tidak kalah pentingyang harus diketahui seluruh manajemen dan tim ISO BBPP Kupang dalam pelaksanaan sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yaitu berkaitan dengan pemahaman. Seluruh manajemen dan Tim ISO harus memahami kenapa suatu lembaga harus menjalankan sistem manajemen mutu (ISO) dan hasil apa yang diinginkan. Mengetahui apa yang sebenarnya diminta oleh ISO 9001 dan apa makna yang sesungguhnya dari sistem itu sendiri. Sistem manajemen mutu yang sesungguhnya yaitu ketika semua bagian bekerja sama sesuai dengan tugasnya masing-masing untuk menggapai tujuan organisasi. Melalui kegiatan up grading tersebut diharapkan seluruh manajemen dan tim iso memiliki pemahaman yang komprehensif. disamping juga digunakan untuk penyiapan dokumen.

KepalaBBPP Kupang. Dr. Ir. Adang Warya. MM berharap kegiatan up grading bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diharapkan. Beliau juga bertekad pada tahun 2018 ini. BBPP Kupang bisa meraih dan mendapatkan sertifikat ISO 9001 tersebut.Dengan adanya sertifikat ISO tersebut tentunya akan berdampak pada semakin meningkatknya kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap suatu lembaga. Hal ini dikarenakan lembaga yang sudah memiliki sertifikat ISO akan berupaya terus melakukan pengecekan untuk mengantisipasi terjadinya kesalahan dalam perusahaan. Apabila terjadi suatu kesalahan. maka kesalahan tersebut akan cepat ditemukan solusi dan langkah-langkah perbaikannya sehingga kepercayaan pelanggan akan tetap terus bisa terjaga dengan baik.



Dipublikasi Pada : 21-09-2018