BBPP Kupang Bersama Anggota DPR RI; Julie Laiskodat Komit Perhatikan Nasib Petani dan Peternak di NTT

By: drh. Fitri Salih

Anggota DPR RI Komisi IV Julie Sutrisno Laiskodat secara resmi membuka kegiatan pelatihan Teknis bagi Non Aparatur. terkait Pencegahan dan Pengendalian Virus African Swine Fever (ASF) untuk 60 peternak di Kabupaten Manggarai. Jumat (24/09/2021).

Dalam sambutannya yang disampaikan secara daring. Julie Laiskodat mengapresiasi kepada Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP ) atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tentang pencegahan dan pengendalian terhadap virus ASF di Kabupaten Manggarai ini.

Dikatakan Julie bahwa Virus ASF ini beberapa tahun terakhir telah masuk melanda NTT dan di Kabupaten Manggarai. akibatnya banyak babi yang mati. jelas peternak mengalami kerugian.

Atas dasar kenyataan tersebut. lanjut Julie maka sekarang kita mengadakan pelatihan ini. dengan harapan agar para peternak mendapat ilmu dari para pakarnya. sehingga kedepan bisa dipraktekkan dilapangan.

Sampai sekarang virus ini tidak ada obatnya. yang kita lakukan sekarang adalah upaya mencegah. sehingga para peternak kedepan tidak lagi mengalami kerugian.tutur Julie Laiskodat pula.

?Saya ada di Komisi IV DPR RI ditugaskan oleh Gubernur NTT untuk terus berjuang demi kepentingan peternak dan petani di Provinsi yang kita cintai ini.? kata Julie.

Dirinya mengharapkan agar Dinas Peternakan juga Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai terus menyampaikan kebutuhannya agar anggota DPR RI dari NTT yang duduk di Komisi IV bisa memperjuangkanya dipusat.

?Untuk masyarakat NTT kita tak henti-hentinya berjuang dan terus berjuang dipusat. walaupun itu bertahap.? tandas Ketua Dekranasda NTT ini.

Julie Laiskodat juga memberikan apresiasi kepada para petani. peternak serta penyuluh di Kabupaten Manggarai yang hadir mengikuti Bimtek yang berlangsung di Aula Dinas PPO Kabupaten Manggarai tersebut.

?Saya berharap agar kehadiran kita saat ini. bukan hanya untuk memenuhi kuota. Kita akan mendapat beberapa hal penting. khususnya membahas tentang virus ASF atau yang kita kenal dengan virus flu babi.? paparnya.

Julie menyampaikan. Provinsi NTT dikhususkan untuk adanya Bimtek ini. karena ternak babi merupakan kebutuhan pokok masyarakat NTT.

?Mungkin di tempat lain tidak menjadi kebutuhan pokok. Namun. hampir semua kabupaten di NTT. ternak babi menjadi sangat penting dan merupakan kebutuhan pokok. bahkan urusan adat pun erat kaitannya dengan ternak babi ini.? ujar Julie.

Julie menegaskan. terkait persoalan virus ASF ini. ketika tidak diatasi secara baik. akan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi. termasuk kebutuhan dan urusan adat masyarakat NTT akan terganggu.

Julie Laiskodat pun berharap agar para peserta Bimtek. baik petani dan peternak dan sejumlah stakeholder di Nagekeo mendapat banyak hal dan nantinya secara bersama dapat menangani virus ASF di masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut. staf ahli ibu Julie Sutrisno Laiskodat. Jener Alison. Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan ( BBPP) Kupang. Dinas Peternakan Kabupaten Manggarai. Sekretaris Partai Nasdem Kabupaten Manggarai

Dipublikasi Pada : 27-09-2021