BBPP Kupang BERTANI ON CLOUD : BIODEKOMPOSER

By: Drh Helda Gadja

(13/10/2020) BBPP Kupang berkesempatan menyelenggarakan pelatihan berbasis online (e-learning) yang juga merupakan salah satu program Kementerian Pertanian yang rutin dilakukan dua kali dalam seminggu. Bertani On Cloud (BOC) Vol. 50 kali ini sangat menarik pasalnya pada pelatihan kali ini membahas cara pembuatan Biodekomposer yang merupakan mikroorganisme hasil fermentasi bahan baku lokal yang telah terurai dan dapat menggantikan fungsi bioaktivator yang ada di pasaran.

Biodekomposer dipilih sebagai tema BOC Vol. 50 dikarenakan cara pembuatannya yang mudah serta bahan baku yang digunakan merupakan limbah organik yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. selain itu biodekomposer memiliki segudang manfaat. yaitu sebagai bioaktivator dalam proses fermentasi bahan organik serta digunakan sebagai pupuk. Hal ini tentunya menjadi salah satu pilihan yang baik bagi petani untuk mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Bertani On Cloud Vol. 50 mengenai Pembuatan Biodekomposer dipandu oleh Longginus Lengi. SP.MP sebagai Widyaiswara yang berkompeten di bidang pengolahan limbah. Disamping itu. ada pula Sophia A. Pakpahan. M.Si sebagai MC yang memandu jalannya acara dengan apik.

Acara ini di buka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul ?Arifin Caya M.DM. Dalam sambutannya. beliau mengatakan bahwa topik mengenai Biodekomposer sangat bermanfaat untuk para petani karena murah jika dibandingkan dengan pupuk dan bioaktivator lainnya dan memiliki banyak keunggulan. Oleh karenanya beliau berharap agar para petani dapat mempraktekan dan mengaplikasikannya dalam kegiatan bertani sehari hari.

Acara kemudian dilanjutkan dengan praktek tahapan-tahapan cara pembuatan Biodekomposer. Proses pembuatan yang ditampilkan menjadi lebih menarik karena diiringi dengan penjelasan mendetil dari WI. Tidak hanya itu untuk lebih menghidupkan suasana. disisipkan pula kuis berhadiah bagi partisipan dan adanya sesi diskusi. Acara kemudian ditutup oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang yang dalam hal ini diwakilkan oleh Kepala Bidang Penyelenggara Pelatihan Ir. Nambut Maksimus. dalam sambutannya beliau sangat berterima kasih kepada seluruh partisipan yang sudah berkenan mengikuti acara ini dan beliau juga berharap agar materi yang disampaikan bisa dipraktekan dan membawa banyak manfaat.

Dipublikasi Pada : 13-10-2020