BBPP Kupang dan Disnak Keswan Kabupaten Sumbawa-NTB Gelar Peltek Peternakan Non Aparatur

Sumber: Pos Kupang.Com

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang bekerja sama dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten ?Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat dalam melaksanakan Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi Non Aparatur Angkatan XIII Hari.?

Acara pembukaan Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi Non Aparatur Angkatan XIII. berlangsung Kamis. 4 April 2019. bertempat di Aula Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa. Pelatihan dibuka Ir. Sirajudin selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten ?Sumbawa.

Pelatihan Teknis Tematik Peternakan bagi Non Aparatur Angkatan XIII yang dilaksanakan oleh BBPP?Kupang?selama 3 (tiga) hari dari Tanggal 04 s.d 06 April 2019. dan bertujuan untuk meningkatan pengetahuan. keterampilan serta kompetensi kerja di kelompok tani ternak.

Pada acara pembukaan . Dr. Ir. Adang Warya.MM selaku Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang memberikan sambutan. bahwa salah satu tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk memecahkan permasalah yang dihadapi oleh petani ternak dalam memelihara ternak sapi. dan mengarah pada salah satu tema.

apakah itu dibidang pakan. dimana permasalahan sering dijumpai yaitu petani ternak kesulitan memperoleh pakan diwaktu musim kemarau. sehingga perlu dilakukan pengawetan atau pengolahan pakan yang berlimpah pada saat musim hujan.

selain masalah tersebut sering kita jumpai permasalahan dalam mengawinkan ternaknya. karena sekarang ini ternak sapi yang dipelihara petani ternak kebanyakan melakukan kawin alam sehingga terjadi inbreeding (kawin sedarah) sehingga menghasilkan anak sapi yang kurang berkualitas. sehingga diperlukan adanya Inseminasi Buatan.

Doktor Adang juga berharap kegiatan pelatihan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta untuk mendapatkan ilmu dari fasilitator dan dapat menerapkan ilmu tersebut dilapangan untuk mensukseskan Program Upsus Sapi Induk Wajib Bunting (SIWAB).

Dalam sambutannya. Bapak Ir. Sirajudin selaku Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten ?Sumbawa menyampaikan pentingnya kegiatan pelatihan ini. dan bersyukur karena pada tahun ini Kab. Sumbawa mendapat 1 (satu) angkatan pelatihan teknis tematik peternakan bagi non aparatur.

dan mengharapkan kedepannya kerjasama dengan balai akan tetap terjalin. dan peserta dapat memanfaatkan dan mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan baik. apalagi permasalahan yang sering dialami oleh petani ternak di Kab. Sumbawa adalah sulitnya memperoleh pakan pada musim kemarau.

Pada Pelatihan tersebut Peserta berasal dari beberapa kelompok tani yang ada Kab. Sumbawa sebanyak 30 orang. Materi dara kegiatan ini terdiri dari 3 (tiga) kelompok yaitu Kelompok Dasar. Kelompok Inti dan dan Kelompok Penunjang sebanyak 24 jam berlatih yang mendukung Kegiatan Progran Upsus SIWAB. fasilitator pada kegiatan ini berasal dari Dinas Peternakan dan Keswan Kab. Sumbawa. (*)


Artikel ini telah tayang di?pos-kupang.com dengan judul BBPP Kupang dan Disnak Keswan Kabupaten Sumbawa-NTB Gelar Peltek Peternakan Non Aparatur.? https://kupang.tribunnews.com/2019/04/05/bbpp-kupang-dan-disnak-keswan-kabupaten-sumbawa-ntb-gelar-peltek-peternakan-non-aparatur.



Dipublikasi Pada : 05-04-2019