BBPP Kupang Dipercayakan Jadi Penanggung jawab di Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Sesi ke 12

By: drh. Helda Gadja

(12/08/2021) Gelaran Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh yang dicanangkan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) telah bergulir hingga gelombang ke 12. Antusiasme dari peserta penyuluh dan petani sungguh luar biasa. bisa dilihat dari banyaknya partisipan di setiap sesinya.
Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang berkesempatan menjadi penanggungjawab di Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh sesi ke 12.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan PPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M. Agr. beliau juga tak lupa menyapa peserta dari berbagai tempat yang ada di NTT.

?Baru saja minggu lalu Bapak Presiden memberikan arahan yang perlu diresapi bersama terlebih oleh penyuluh dan petani bahwa penyuluh dan petani harus terus belajar dan berlatih bagaimana cara menanam yang baik. mengolah tanah yang bagus. mengendalikan Organisme Pengganggu Tanaman. pemupukan berimbang. memilih varietas yang baik agar produksi tinggi dan untungnya banyak. pengolahan pasca panen. cara mengemas dan sampai pemasaran yang baik. itu yang harus kita camkan dari arahan Presiden". Ujar Kepala Badan

Ditambahkannya bahwa Petani dan Penyuluh harus terus belajar dan berlatih menggunakan internet atau menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi seperti yang dilakukan sekarang ini.

"Pertanian itu harus memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan petani agar petani mampu menghidupi keluarganya. Selain itu Petani Indonesia harus kompetitif dan berdayasaing. Presiden sering menyampaikan bahwa banyak komoditas yang seharusnya bisa kita tanam sendiri dan kelola sendiri tetapi kenapa masih sering diimpor. inilah yang menjadi tantangan bagi kita kedepannya dan harus kita jawab.
Ingat. daya saing produkk-produk Indonesia akan meningkat jika produktivitasnya juga tinggi". Ungkap Dedi

Disamping itu. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam acara pembukaan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh (06/08/2021) menyampaikan bahwa akan terus meningkatkan kualitas SDM dan manajemen pertanian agar lebih maju. mandiri dan modern. Terlebih. ia menilai pertanian sebagai sektor yang pasti menjanjikan dan menguntungkan.
Pelatihan ini sebagai upaya Kementerian Pertanian dalam menggenjot SDM untuk meningkatkan produktivitas. efisiensi dan daya saing sehingga berujung pada peningkatan produksi. Kebangkitan pertanian harus diawali dari kebangkitan SDM. yaitu petani. penyuluh. petani milenial. poktan dan gapoktan.

Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh pada sesi 12 ini juga dihadiri oleh Kepala BBPP Kupang serta terdapat beberapa titik kumpul dibeberapa P4S di NTT yang menjadi tempat untuk mengikuti Pelatihan virtual ini. Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi dari Kepala Badan terkait Kebijakan Pemupukan Nasional. dilanjutkan dengan narasumber dari Kemenko Perekonomian terkait Program KUR dan Proses Penyaluran serta penyusunan Anggaran KUR dan di akhiri dsngan materi terkait Strategi Pengajuan KUR dengan narasumber dari Bank BRI..

Dipublikasi Pada : 12-08-2021