BBPP KUPANG DUKUNG PROGRAMA PETANI MELENIAL DENGAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN MAHASISWA

bY: Drh. Helda

Praktek Kerja Lapangan merupakan implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di bangku sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Peran Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP Kupang) sebagai sarana edukasi bagi dunia pendidikan diwujudkan dengan adanya kerjasama dengan sejumlah Sekolah maupun Perguruan Tinggi dalam rangka mengadakan kegiatan PKL bagi para siswa. Salah satu contoh kegiatan PKL yang baru saja dilaksanakan selama 1 bulan dari tanggal 24 Januari 2020 s/d 24 Januari 2020 oleh 7 orang mahasiswa dari Universitas Kristen Wira Wacana Sumba.

Selama 1 bulan menjalani PKL di Balai Besar Pelatihan Peternakan. banyak hal-hal yang dipelajari oleh mahasiswa antara lain manjemen pemeliharaan hijauan pakan ternak. pengolahan pakan. manajemen perkandangan. pengolahan limbah. manajemen pemeliharaan ternak

Pembelajaran yang didapat oleh mahasiswa selama melakukan PKL kemudian dipresentasikan pada hari Senin. 24 Februari 2020 bertempat di ruang PPID yang dihadiri oleh Pejabat Struktural dan fungsional.

Dalam acara tersebut. ke tujuh orang mahasiswa mempaparkan hasil PKL secara bergantian dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi antar mahasiswa dengan pejabat struktural dan fungsional.

?Kegiatan PKL ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya dan juga untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa tidak hanya secara teori namun juga skill?di lapangan? ungkap Muhammad Ukkas selaku Kabag Umum BBPP yang turut menghadiri acara tersebut.

Lebih lanjut Ukkas mengatakan bahwa BBPP Kupang sangat mengharapkan adanya masukan-masukan terhadap BBPP Kupang agar hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi BBPP Kupang ke depannya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata oleh Dosen Penamping Mahasiswa kepada Kabag Umum BBPP Kupang serta penyerahan Sertifikat PKL kepada Dosen Penamping mahasiswa. kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama.

Dipublikasi Pada : 28-02-2020