BBPP Kupang Fasilitasi 30 Peserta Ikut Pelatihan Vokasi JULEHA

Sumber: Poskupang.com

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang di Noelbaki. Kecamatan Kupang Tengah memfasilitasi kegiatanPe latihan Vokasi Juru Sembelih Halal (JULEHA). Kegiatan JULEHA ini berlangsung dari tanggal 28 Oktober- 3 November 2019 berupa pelatihan dan sertifikasi kompetensi diikuti 30 peserta non aparatur

Kepala BBPP Kupang. drh. Bambang Haryanto. MM yang diwakili Kepala Bagian Umum. Muhammad Ukkas. S. Pi.. M. Si. saat membuka kegiatan ini di Aula BBPP Kupang. Senin (28/10/2019) menyampaikan beberapa pokok pikiran dan harapan.
Dikatakannya. kegiatan ini baru 2 kali dilaksanakan. yang pertama pada tahun 2016 dan kedua tahun 2019. Ini Berdasarkan Undang- undang No 18 TA 2019 dan diperkuat dengan peraturan Menteri Pertanian No 13 tahun 2010 tentang persyaratan RPH.

Menurutnya. setiap RPH wajib memiliki seorang Juru Sembelih Halal yang memiliki kompetensi tak hanya dari segi Syariat Islam namun juga dari aspek teknis kesehatan masyarakat dan kesehatan hewan.

"Saya hanya berpesan kepada peserta pelatihan karena banyak orang yang mau mengikuti pelatihan seperti Bapak- bapak. tetapi belum di beri kesempatan. OLleh karena itu manfaatkan waktu yang singkat ini hanya 4 hari. banyak diskusi dengan Fasilitator jangan malu bertanya. " katanya.

Menurutnya. di Kementan sekarang pelatihan diarahkan kepelatihan vokasi dan sertifikasi untuk menciptakan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) untuk menciptakan Job Sekker sebagai pencari kerja dan Job Creator untuk menciptakan lapangan kerja sendiri.

Dikatakannya. sejalan dengan pidato Presiden Joko Widodo pada saat acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden. dimana presiden Joko Widodo mengatakan bahwa selama pemerintahan untuk periode ke II ( 2019-2024 ) ada 5 hal program strategis yaitu pengembangan SDM.
"Apabila SDM kompetensinya ditingkatkan maka semua program atau kegiatan yang ada di Kementerian / Lembaga pasti bias di terima. Kalau sumber daya manusia (SDM) kuat maka pertanian maju. kalau pertanian maju maka rakyat sejahtera. sesuai 4 program strategis Kementerian Pertanian pada point ke 4 yaitu peningkatan kesejahteraan Petani." pesan Ukkas.

Dipublikasi Pada : 28-10-2019