BBPP Kupang Gandeng YAMPI Bekali Petani di Sumba Tengah

By: drh. Helda Gadja


Sumba Tengah?NTT. (25/10/2021) BBPP Kupang bekerjasama dengan Yayasan Amal Masyarakat Pertanian Indonesia (YAMPI) melakukan Kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Ekonomi Petani Angkatan II yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM yang ada di BPP Program Food Estate. Kab. Sumba Tengah. NTT.
Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 25 s.d 27 Oktober 2021 bertempat di BPP Waimamongu. Kab. Sumba Tengah dengan jumlah peserta sebanyak 28 Orang Petani dari 7 Desa.

Kegiatan Pembukaan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Ekonomi Petani Angkatan II di Kabupaten Sumba Tengah ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah Nyong Umbu K. Pari. S.TP. dan dihadiri langsung oleh Kepala BBPP Kupang drh. Bambang Haryanto. MM berserta jajarannya. dan Perwakilan YAMPI Ir. Rosiana Susi.

Pada kesempatan tersebut. perwakilan dari YAMPI Ir. Rosiana Susi menyampaikan sambutannya. ?Untuk dapat memajukan pertanian di suatu daerah tentunya dibutuhkan SDM yang mumpuni. SDM yang mengelola harus memiliki keterampilan dan keahlian. Contohnya P4S sebagai lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan dan dikelola oleh petani secara swadaya harusnya dimanfaatkan sebagai tempat untuk meningkatkan keterampilan di bidang pertanian.? ujar Rosiana.

Menurut Rosiana. Sumba Tengah dipilih menjadi salah satu kawasan Food Estate ?di NTT karena potensi lahan di Sumba Tengah sangatlah banyak sehingga harus dioptimalkan produksi lahan/sawah yang telah ada. dengan demikian akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat terutama petani dan juga akan tercipta kemandirian pangan di Kabupaten Sumba Tengah.

?Sistem pertanian yang diharapkan nantinya bukanlah sistem pertanian yang biasa saja namun yang luar biasa. Contoh sederhananya adalah mengembangkan Kelompok Tani menjadi Gapoktan dan kemudian berkembang menjadi sebuah Koorporasi yang tidak hanya usaha untuk konsumsi skala rumah tangga namun juga yang dapat dijual ke luar sehingga menjadi salah satu harapan BUMD?. ungkap Rosiana.

Dalam kesempatan yang sama. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah Nyong Umbu K. Pari. S.TP menyampaikan bahwa Food Estate merupakan salah satu program utama dari Kementerian Pertanian yang tengah menjadi sorotan semua pihak.
?Food Estate adalah program utama dari Kementan dimana Kabupaten Sumba dipercaya menjadi salah satu kawasan Food Estate sehingga Kabupaten Sumba sekarang sedang menjadi sorotan berbagai pihak. Jadi. sudah seharusnya petani bekerja keras dan disiplin. selain itu PPL yang mendampingi petani harus bekerja lebih maksimal?. ujar Nyong.
Ditambahkannnya. harus ada pendekatan teknologi modern di kawasan Food Estate. selain itu ketepatan saprodi di tangan petani akan berpengaruh kepada hasil pertanian yang dikelola.
?Saya berharap agar secepatnya dilakukan pertemuan untuk meyakinkan anggota kelompok agar dapat memanfaatkan bantuan semaksimal mungkin. Selain itu juga harus ada semangat dari Petani dan PPL agar pertanian Sumba Tengah bisa membaik ke depannya?. tegas Nyong.

Dipublikasi Pada : 25-10-2021