BBPP Kupang gelar In House Training Pemahaman ISO 9001:2015

By: Ami Daiman

Sektor Pertanian merupakan bagian penting dalam pembangunan bangsa, apalagi pertanian Indonesia merupakan jantung perekonomian nasional sekaligus mata pencarian bagi puluhan juta petani yang tersebar diseluruh penjuru negeri.

Sebagai fasilitator pembangunan pertanian yang bergerak pada bidang Pelatihan Peternakan dan Pertanian Bagi SDM Aparatur dan Non Aparatur, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) sebagai unit pelaksana teknis dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) terus membangun sistem manajemen mutu untuk meningkatkan performa kinerja dalam mewujudkan program utama Kementan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa peningkatan kinerja adalah hal yang sangat penting.

“Sebagai sektor yang tumbuh positif, insan pertanian harus bisa meningkatkan kinerja. Karena kita berharap pertumbuhan positif pertanian bisa berdampak bagi sektor lain, khususnya secara ekonomi,” ujar Mentan Syahrul.

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menyampaikan “Tugas Kementan tidaklah mudah karena harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat sehingga diperlukan adanya peningkatan kualitas sumber daya”, ujar Dedi

Dalam rangka meningkatkan kepuasan kepada para pelanggan. Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang bertekad menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 agar menjadi lembaga penyelenggara pelatihan peternakan yang berorientasi pada peningkatan mutu pada semua kegiatan. ISO 9001:2015 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Suatu lembaga yang telah mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015 dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya. Upaya pencapaian yang telah dilakukan diantaranya dengan senantiasa mematuhi semua peraturan yang berlaku dan senantiasa melakukan perbaikan berkelanjutan. Langkah awal yang dilakukan yaitu dengan meningkatkan pemahaman/penguatan manajemen mutu ISO 9001: 2015  melalui kegiatan in house training manajemen mutu ISO 9001: 2015

Kegiatan in house training dilaksanakan di Aula BBPP kupang mulai tanggal 13-14 September 2023 mulai pukul 09.00 sd 16.00 WITA. Seluruh pejabat struktural. fungsional widyaiswara dan tim manajemen mutu BBPP Kupang hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Materi inhouse training meliputi: Standar ISO 9001:2015. penyusunan revisi manual mutu. penyusunan konteks organisasi. workshop penyusunan manajemen resiko. dan pelatihan audit internal bagi para calon auditor. dan Instruktur dalam pelatihan Pemahaman ISO 9001:2015 ini adalah Setio Budi Utomo selaku Direktur & Konsultan dari CV Kreasi Mutu Indonesia yang sudah mendapat sertifikat Lead Auditor untuk ISO 9001:2015  sudah berpengalaman dalam audit sistem manajemen mutu di berbagai organisasi.

Kepala BBPP Kupang. Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si berharap kegiatan In House Training ini bisa berjalan dengan lancar dan menghasilkan output yang diharapkan.

" Dengan adanya sertifikat ISO 9001:2015 tersebut tentunya akan berdampak pada semakin meningkatknya kepercayaan masyarakat atau konsumen terhadap suatu lembaga. Hal ini dikarenakan lembaga yang sudah memiliki sertifikat ISO akan berupaya terus melakukan pengecekan untuk mengantisipasi terjadinya ketidaksesuaian dalam perusahorganisasi. Apabila terjadi suatu kesalahanketidaksesuaian, maka haltersebut akan cepat ditemukan solusi dan langkah-langkah perbaikannya sehingga kepercayaan pelanggan akan tetap terus bisa terjaga dengan baik" ujar Yulia.

Dipublikasi Pada : 15-09-2023