BBPP KUPANG GELAR PELATIHAN BUDIDAYA SAPI POTONG BAGI PENYULUH

bY: Drh. Helda

Penurunan produktivitas dalam usaha sapi potong terutama disebabkan oleh faktor tatalaksana pemeliharaan yang kurang bagus. bibit dan keterbatasan modal. Sedangkan penurunan populasi salah satunya disebabkan oleh tingginya pemotongan. khususnya pemotongan betina produktif.

Menjawab persoalan tersebut maka Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Sapi Potong bagi petugas/penyuluh yang diikuti oleh 30 orang peserta yang telah berlangsung pada bulan Februari 2020 di BBPP Kupang.

Pada pelatihan ini disampaikan sejumlah materi oleh Widyaiswara antara lain menyeleksi bibit dan bakalan. merancang bagun kandang. mengidentifikasi pakan ternak. menyusun ransum ternak. strategi pemberian pakan. mengelola reproduksi. menangani kesehatan sapi potong. mengelola limbah ternak. menyusun rencana dan analisis usaha budidaya sapi potong. Selain pemaparan materi kepada peserta. dilakukan pula praktikum dan diskusi guna menambah pemahaman peserta terkait materi yang disampaikan.

Dalam penyampaian materi mengenai Penyeleksian Bibit Sapi Potong oleh Rip Krishaditersanto. S.Pt dikatakan bahwa produktivitas sapi potong baik penggemukan. pembibitan maupun pembesaran sangat ditentukan oleh bibit yang digunakan. Dengan demikian. dalam rangka mencapai produktivitas sapi potong yang optimal keterampilan peternak dalam memilih bibit sangat dibutuhkan.

?Diharapkan peserta dapat mensosialisasikan hasil pelatihan kepada peternak lainnnya dalam menyeleksi bibit/bakalan sapi potong. sehingga dengan menggunakan bibit yang memenuhi syarat dan mampu beradaptasi dengan lingkungan setempat; produktivitas ternak dapat optimal? ucap Rip sebelum mengakhiri penyampaian materinya.

Dipublikasi Pada : 27-02-2020