BBPP Kupang Gelar Pelatihan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Padi di Ngada

Sumber : nusaflobamora.com

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP) Kupang sebagai salah satu lembaga pelatihan di bawah BPPSDMP terus berupaya melaksanakan berbagai pelatihan di sejumlah wilayah binaan.

Salah satunya digelar di ?Kabupaten Ngada. Provinsi NTT berupa pelatihan pengendalian hama dan penyakit tanaman padi dengan peserta non aparatur sejumlah 30 orang.

Dalam rilis berita Humas BBPP Kupang yang dikirim ke Media ini. Senin (24/5/2021) dituliskan bahwa pelatihan ini dilakukan selama 3 hari sejak tanggal 20 ? 22 Mei 2021 berlokasi di BPP Kecamatan Golewa. Kabupaten Ngada.

Disebutkan. pelatihan seperti ini demi mewujudkan tujuan pembangunan pertanian Indonesia yakni tercukupinya kebutuhan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. peningkatan kesejahteraan petani. peternak.

Juga peningkatan ekspor produk pertanian keluar wilayah Indonesia. peningkatan produksi dan kualitas produk hasil pertanian seperti padi sebagai salah satu bahan pokok yang dikonsumsi masyarakat.

Salah satu terobosan yakni melalui pembaharuan Sumber Daya Manusia Pertanian bagi petani yang secara langsung melakukan pengolahan dan produksi produk pertanian di Lapangan.

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengambangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) terus melakukan peningkatan dan pembaharuan SDM pertanian masyarakat. salah satunya melalui pelaksanaan berbagai jenis pelatihan.

Untuk mendukung penuh pengembangan sektor pertanian khususnya peningkatan produksi padi dengan melaksanakan pelatihan pengendalian hama dan penyakit tanaman padi.

Pemilihan tema pengendalian hama dan penyakit tanaman padi didasarkan pada potensi kerugian besar yang dapat dialami oleh petani meliputi penurunan jumlah produksi serta penurunan kualitas produk yang dihasilkan akibat serangan hama yang hingga saat ini masih sulit untuk ditanggulangi.

Menteri Pertanian Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo. S.H. M.H dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan bahwa kementerian pertanian selalu melakukan pengawalan terhadap berbagai kegiatan peningkatan produksi hasil pertanian dilapangan serta melakukan penanganan secara cepat terhadap permasalah yang terjadi dilapangan.

Kepala BPPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M.Agr dalam beberapa kesempatan juga selalu menyampaikan bahwa melalui BPPSDMP diharapkan kompetensi dan kapasitas baik penyuluh pertanian yang akan membimbing petani secara langsung di lapangan serta petani itu sendiri dapat mengalami peningkatan yang berimbas baik pada pembangunan pertanian Indonesia termasuk kesejahteraan petani itu sendiri.

Hadir dalam pembukaan kegiatan pelatihan teknis terkait Pengendaliah Hama dan Penyakit Tanaman Padi di Kabupaten Ngada. Kepala Bagian Umum BBPP Kupang Muhammad Ukkas. S.Pi. M.Si dan Widyaiswara Ahli asal BBPP Kupang Marthen Ressie SP. M.Si.

Dalam sambutannya Ukkas menyampaikan dukungan penuh BBBP Kupang dalam rangka peningkatan produksi padi di Kabupaten Ngada melalui peningkatan kompetensi dan kapasitas peyuluh pertanian setempat maupun petani.

BBPP Kupang kedepannya akan terus mendukung peningkatan produksi padi di kabupaten Ngada serta dengan terbuka akan menerima komunikasi terkait bimbingan atau diskusi lebih lanjut dengan sejumlah widyaiswara di BBPP Kupang yang berkompeten di bidangnya masing-masing. ?terkait permasalahan yang dialami dilapangan baik oleh petani maupun penyuluh.

Dipublikasi Pada : 24-05-2021