BBPP Kupang Gelar Pelatihan Teknis Perawatan Induk dan Pedet Bagi Aparatur Angkatan XI

By: Drh. Helda Gadja

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk optimalisasi sektor pertanian ke arah yang lebih baik.

Kementan terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan.
Di samping itu. pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan.

Sejalan dengan hal tersebut. Kepala Badan PPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M.Agr mengatakan untuk menciptakan dan membentuk SDM yang handal . profesional. mandiri dan berdaya saing berjiwa interpreneursip melalui 3 pilar yaitu pendidikan. penyuluhan dan pelatihan.

BBPP Kupang sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah BPPSDMP menjalankan fungsinya untuk memberikan pelatihan bagi aparatur dan non aparatur dengan menggelar Pelatihan Teknis bagi Aparatur Angkatan XI (Perawatan Induk dan Pedet) Rabu ( 30 Juni 2021) di UPTD Konotuef. Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Pelatihan ini akan berlangsung selama 3 hari. dari tanggal 30 Juni ?sampai 02 Juli 2021 dan diikuti oleh 30 orang peserta. Pelatihan yang dilaksanakan mencakup perawatan induk dan pedet.

Hal ini penting untuk dilaksanakan karena seringkali di lapangan banyak ditemukan peternak yang tidak mengindahkan pola perawatan induk dan pedet dengan baik sehingga dapat berdampak pada kualitas pedet yang dihasilkan.

Oleh karenanya .perlu pembekalan dengan sejumlah materi dan juga praktikum terkait tanda-tanda kebuntingan pada sapi. manfaat perawatan induk bunting. program perawatan induk bunting. menyusun formula pakan induk bunting. penyajian pakan induk bunting hingga perawatan pedet.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Peternakan Kab. TTU dalam hal ini diwakilkan oleh Sekertaris Dinas Peternakan Kabupaten TTU dan Perwakilan BBPP Kupang Subkoordinator Pelatihan bagi Aparatur.

Dalam kesempatan tersebut. Perwakilan BBPP Kupang Muhammad Awaluddin mengatakan.
Semua patut bersyukur karena walaupun ditengah kondisi covid 19 seperti sekarang ini. kita masih diberikan kesehatan sehingga dapat berkumpul dan melaksanakan kegiatan pelatihan ini.

?Pelaksanaan pelatihan ini memang terbilang singkat. oleh karena itu marilah kita saling berbagi pengalaman agar dapat memperkaya pengetahuan.? ujarnya.

Kegiatan Pelatihan ini kemudian dibuka secara resmi oleh ?Sekertaris Dinas Peternakan Kabupaten TTU Yohanes Lopis.

Dalam sambutannya. Yohanes mengucapkan terima kasih kepada BBPP Kupang karena telah menganggarkan dana untuk diselenggarakannya pelatihan penyegaran terkait perawatan induk dan pedet.

?Ini tentu bukan merupakan hal baru namun tetap harus disyukuri karena kita diberikan kesempatan kembali untuk penyegaran ilmu yang tentunya akan sangat bermanfaat dalam menambah wawasan dan ketermapilan untuk kemudian dapat ?membantu peternak dalam mengembangkan budidaya ternak di daerah kita masing-masing. Oleh karean itu mohon diikuti pelatihan ini dengan sebaik mungkin. manfaatkan waktu yang ada.? Pungkasnya.

Dipublikasi Pada : 01-07-2021