BBPP KUPANG GELAR PELATIHAN TEKNIS TERNAK KAMBING BAGI PENYULUH/PETUGAS DUKUNG PROGRAM KOSTRATANI

By: Drh Helda

BBPP Kupang merupakan UPT Pelatihan milik Kementerian Pertanian dibawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) dan pembinaan teknis berada di Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) menyelenggarakan Pelatihan Teknis salah satunya adalah Pelatihan Teknis Ternak Kambing pada tanggal 17 Februari 2020 sampai dengan 23 Februari 2020 diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari Provinsi NTT. dan Sulawesi Selatan.

Pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan. keterampilan dan sikap peserta pelatihan dalam agribisnis ternak kambing dan meningkatkan kompetensi aparatur dalam bidang agribisnis ternak kambing.

Peserta pelatihan tidak hanya diberikan materi tetapi juga dilakukan diskusi. praktik. penugasan. kerja kelompok. studi ?kasus serta pemecahan masalah yang semuanya didampingi oleh fasilitator.

Dalam penyampaian materinya. Manix E. Manafe. S.Pt. M.Si selaku widyaiswara dalam pelatihan ini mengungkapkan bahwa untuk dapat memperoleh hasil ternak kambing yang berkualitas. bermutu dan menguntungkan maka pola pemeliharaan ternak kambing yang konvensional perlu diperbaharui dengan pola agribisnis

Pada pelatihan ini. peserta dibekali dengan materi mengenai rancangan bangunan kandang ternak kambing. formulasi ransum. memilih bibit ternak kambing. menyusun strategi breeding. membuat kalender kawin. memelihara/merawat ternak kambing. mengendalikan penyakit ternak kambing. mengolah limbah ternak menjadi pupuk organik. menyusun rencana usaha agribisnis ternak kambing serta melakukan pemasaran.? ??

?Dari kurikulum pelatihan yang ada diharapkan bagi peserta pelatihan agar dapat melakukan perubahan dan pengembangan dalam hal agribisnis ternak kambing. mengembangkan usaha agribisnis ternak kambing di tingkat petani/kelompok tani di wilayah kerja masing-masing serta dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan di bidang agribisnis ternak kambing di wilayah masing-masing? ungkap Manix.

Dipublikasi Pada : 20-02-2020