BBPP Kupang Gelar Rapat Umum Triwulan II

By: drh. Helda Gadja

Selasa, 27 Juni 2023-Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang mengadakan Rapat Umum triwulan II. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pegawai BBPP Kupang dari unsur Pejabat eselon III dan IV. Pejabat Fungsional Tertentu. Pejabat Fungsional Khusus. Pejabat fungsional umum dan THL BBPP Kupang.

Rapat umum rutin diadakan dengan tujuan sebagai sarana menyampaikan informasi terkait unit kerja agar seluruh pegawai mampu menjalin kerjasama dengan baik demi mencapai tujuan dari unit kerja itu sendiri.
Dalam berbagai kesempatan , Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengingatkan bahwa bekerja dengan hati yang ikhlas serta doa yang kuat bisa dijadikan penguat untuk ketahanan pangan nasional.

Menurut Mentan, sektor pertanian adalah sektor strategis untuk mendulang amal dalam setiap proses kerjanya. Ini karena pertanian merupakan salah satu sektor vital yang menyangkut langsung pada pemenuhan pangan rakyat.

"Pertanian adalah kerja yang paling hebat karena kita yang mempersiapkan makanan bagi jutaan orang di Indonesia. Karena itu sekali lagi saya sampaikan kita harus bekerja dengan penuh maaf, tanpa dendam dan tanpa kebencian," kata SYL

Sementara itu, Kepala Badan PPSDMP Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr mengatakan bahwa "Kita haru selalu meningkatan produktivitas kerja, khususnya di lingkup BPPSDMP. Kita harus mengembangkan SDM pertanian berdaya saing dan berjiwa Wirausaha, Maju, Mandiri, dan Modern,” kata Dedi.

Acara Rapat umum tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Dr. Ir. Yulia Asni Kurniawati, M.Si. Dalam sambutannya Yulia mengajak seluruh pegawai BBPP Kupang agar dapat bekerja secara optimal.

"Dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab, kita harus melakukannya secara optimal. Artinya bahwa kita harus memberikan usaha terbaik, jangan suka menunda pekerjaan. Tingkatkan kemampuan diri, jangan justru berdiam diri." Ujar Yulia

Disamping itu, BBPP Kupang kini sedang mengembangkan inkubator agribisnis yang diberi nama SINGGAKO. SINGGAKO inipun dijadikan sebagai Branding BBPP Kupang yang meliputi keseluruhan kegiatan dari hulu hingga hilir.

"Mari bersama-sama kita membangun Inkubator Agribisnis SINGGAKO. Untuk mendukung Pusat inkubayor agribisnis ini, telah dibentuk 9 divisi yang telah meliputi seluruh proses dari hulu hingga hilir. Kami juga telah menyusun uraian tugas perdivisi, uraian tugas tersebut dijadikan sebagai pedoman rekan-rekan dalam melaksanakan tugas di divisi masing-masing." Jelas Yulia

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi 6 bidang, yaitu Kepegawaian dan Rumah Tangga, Perlengkapan dan Instalasi, Keuangan, Evaluasi dan Monitoring, Program dan Kerjasama serta Penyelenggara pelatihan. Masing-masing memaparkan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada triwulan III.

Setelah paparan masing-masing bidang dilanjutkan dengan diskusi dengan seluruh pegawai BBPP Kupang, diskusi diisi dengan tanya jawab dan penyampaian saran demi kemajuan BBPP Kupang ke arah yang lebih baik.

Dipublikasi Pada : 27-06-2023