BBPP Kupang Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah/Jurna

By: drh. Helda A Gadja

Noelbaki, (29/11/2022) Dalam rangka menambah wawasan pejabat fungsional tertentu mengenai penulisan karya ilmiah, maka Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menggelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah/Jurnal pada Selasa, 29 November 2022 yang bertempat di aula utama BBPP Kupang. Kegiatan ini diikuti oleh Pejabat Struktural (Koordinator/Sub Koordinator), Widyaiswara (WI), Fungsional tertentu/khusus dan Staff Senior (administrasi). Kegiatan workshop ini penting dilakukan mengingat akan Penulisan Karya Ilmiah merupakan kewajiban ASN dengan jabatan fungsional untuk pengembangan profesi dan juga meningkatkan sumber daya manusia.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yang selalu mendorong SDM Pertanian Indonesia agar semakin unggul lewat peningkatan kapasitas dan kemampuan diri.?

?SDM Pertanian yang handal, berkualitas, professional dan berdaya saing menjadi faktor penting dalam pembangunan pertanian di Indonesia,? ujar SYL
Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, menjelaskan bahwa jati diri sebagai widyaiswara ditentukan oleh jurnal ilmiah dan kualitasnya.

"Menulis Jurnal Ilmiah bagi widyaiswara harus jadikan kebiasaan dan karakter kalian. Untuk menembus jurnal yang kita buat tampil di internasional, kuncinya harus banyak membaca banyak jurnal apa lagi jurnal ilmiah internasional.? Ungkap Dedi

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Ukkas, S.Pi., M.Si selaku Kepala Bagian Umum yang membuka acara mewakili Kepala BBPP Kupang menyampaikan bahwa apresiasi setinggi tingginya diberikan atas terlaksananya kegiatan Workshop Penulisan Karya Ilmiah.

?Workshop penulisan Karya Ilmiah ini memang penting untuk dilaksanakan karena penulisan Karya Ilmiah bukan hanya untuk persyaratan naik jabatan tetapi ?juga sebagai suatu proses kreativitas dalam menuangkan gagasan baik yang dimiliki ke dalam bentuk tulisan dan kemudian dapat disebarluaskan kepada masyarakat maupun stakeholder,? kata Ukkas

Ditambahkannya bahwa dengan terlaksananya kegiatan ini maka besar harapan agar WI maupun fungsional tertentu/khusus akan lebih bersemangat dan terpacu dalam menulis karya ilmiah.

Dalam kegiatan tersebut, BBPP Kupang secara khusus mengundang Uslan, S.Pd., M.Si yang merupakan dosen di Universitas Muhammadiyah Kupang sebagai narasumber. Materi pembahasan dalam workshop meliputi pengetahuan dasar tentang penulisan karya ilmiah, ketentuan sebuah karya ilmiah, format dasar karya ilmiah dan artikel ilmiah hingga teknik penulisan karya ilmiah, disamping itu Uslan juga melakukan sharing dan diskusi terkait dengan penulisan karya ilmiah dan juga mengajak semua peserta workshop untuk memulai menuangkan ide-ide yang ada untuk dijadikan sebagai sebuah karya tulis ilmiah.

Dipublikasi Pada : 29-11-2022