BBPP Kupang Hadiri Workshop Sinovik 2020

By: Ami Daiman

Dalam rangka menindaklanjuti Peraturan Menteri Pedayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di lingkungan kementerian/lembaga. pemerintah daerah. BUMN dan BUMD dan dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan yang berkualitas di lingkungan Kementerian Pertanian. Khususnya di Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Subbag Hukum dan Organisasi BPPSDMP melaksanakan Workshop Persiapan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) Kemenpan RB Tahun 2020 pada tanggal 6-7 Januari 2020 ?di ruang rapat Catur Gatra Lt 7 BPPSDMP ?Jakarta.

Pertemuan dihadiri oleh peserta dari 20 UPT Lingkup BPPSDMP. Peserta BBPP Kupang di wakili oleh Muhammad Ukkas. M.Si selaku kabag Umum dan Sitti Aminah Daiman. SH ?Selaku Kasubbag Kepegawaian dan Rumah Tangga BBPP Kupang Acara dibuka oleh Indri. SH. MAP selaku Kabag Umum BPPSDMP Mewakili Sesba PPSDMP.

Dalam sambutannya. Indri menyampaikan tentang pentingnya pelayanan publik. salah satu kunci sukses dari keberhasilan dalam meningkatkan pelayanan adalah dengan berinteraksi dan menjalin hubungan baik dengan Publik. pelanggan. atau stake holder dengan cara memberikan pelayanan yang memuaskan. Oleh karena itu. diperlukan inovasi-inovasi dalam pelayanan publik ini. Diharapkan semua satker dapat mendaftarkan inovasi sebanyak-banyaknya. disampaikan ke dalam kalimat yang ringkas dan jelas dalam Proposal. menindaklanjuti arahan pimpinan one agensi one innovation.

Sesi berikutnya yaitu penjelasan tata cara input proposal Sinovik Kemenpan RB dilanjutkan input proposal yang didampingi Bapak Oscar dari Kementerian PAN RB. Semua peserta melakukan input proposal untuk inovasi yang sudah diterapkan di satker masing-masing minimal 1 tahun dari batas waktu pemasukan proposal ke aplikasi Sinovik Kemenpan RB. Harapan dari workshop ini. akan semakin banyak inovasi dalam pelayanan publik dan semakin banyak pula inovasi yang didaftarkan pada kompetisi Sinovik Kemenpan RB dan semakin banyak yang menjadi pemenang dari Kementerian Pertanian Minimal masuk TOP 99.

BBPP Kupang sedang menyiapkan Innovation menindaklanjuti arahan pimpinan one agensi one innovation yaitu:

  • Aplikasi SIKAPKU (Sistem Informasi Identifikasi Pelatihan Kupang)
  • Aplikasi SAPIKU ( Sistem Aplikasi Perkantoran Internal Kupang)

Dipublikasi Pada : 09-02-2020