BBPP Kupang : Hidup Sehat, Hati Bahagia, Meningkatkan Semangat Bekerja

By: Ami Daiman

Hidup sehat dan bugar menjadi dambaan setiap orang, tidak terkecuali di lingkungan Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang yang melaksanakan senam bersama pada Jumat (24/11/2023). Senam bersama diadakan di halaman Outdoor BBPP Kupang. dihadiri oleh seluruh pegawai BBPP Kupang beserta siswa/i  dan mahasiswa PKL.

Hal tersebut juga sering dilakukan olah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, disela-sela kesibukannya beliau tidak pernah absen dalam berolahrga,  hal yang rutin telah di lakukan sejak dulu dengan melakukan jogging tracksit uppush up dan back up.

“selain makan-makanan sehat, olahraga juga penting untuk dilakukan. Ini dilakukan untuk memberi kita kesehatan dan kebugaran,” kata Amran.

Andi Amran berharap, upaya sehat ini dapat juga rutin diikuti oleh seluruh satuan kerja di Kementerian Pertanian agar bisa tetap bugar agar bisa terus memajukan pertanian semakin maju, mandiri dan modern.

“pesan saya adalah makan makanan yang sehat dan olahraga yang rutin, jangan lupa kita harus bahagia, meski terdapat banyak kesulitan. Insyaallah Ridho Allah bersama kita,” tutupnya.

Dikesempatan berbeda Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan sesuai arahan Menteri Pertanian untuk selalu hidup sehat dan bahagia, kegiatan olahraga perlu di lakukan.

“olahraga santai seperti senam seperti ini harus rutin dilakukan, supaya kita sehat,” ujar Dedi.

Senam bersama yang di lakukan pegawai BBPP Kupang dipandu oleh Perwakilan pegawai BBPP Kupang dan juga mahasiswa Unhan yang PKL di BBPP Kupang,  senam tidak dilakukan monoton tapi di selingi dengan tari-tarian daerah yang lagi hits yaitu. mery2. tobelo dll. Para peserta terpantau antusias mengikuti arahan instruktur senam. ditambah dengan musik remix bertempo cepat membuat peserta lebih bersemangat.

Senam pagi juga sudah menjadi program rutin yang dilakukan bergantian dengan program kerja bakti yang digulirkan setiap satu minggu/2 minggu sekali. Selain menjaga jasmani agar para pegawai selalu dalam kondisi fit dan fresh mengemban tugas-tugas pemerintahan. kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kebersamaan antar pegawai di lingkungan kantor.

Menurut Kepala Balai Besar Pelatihan Peternaka (BBPP) Kupang, Yulia Asni Kurniawati, MM dengan berolahraga seminggu sekali dapat merefresh otak menjadi lebih sehat, sehingga menumbuhkan semangat baru budaya kerja bagi pegawai.

“sesuai arahan pimpinan untuk menerapkan hidup sehat, kami mengadakan senam bersama di panggung outdoor, selain membangun kebersamaan tentu dengan kegiatan tersebut membuat hidup kita menjadi lebih sehat, mental kita kuat, kita happy dan kinerja akan semakin optimal,” ungkap Yulia.

Usai senam bersama, dilanjutkan kegiatan olah raga lainnya seperti bulu tangkis, pimpong, menari tarian daerah dan kerja bakti pembersihan halaman kantor.

Manfaat dari senam pagi/senam aerobik. (Sumber Riau online dan dilansir laman Suara):

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa olahraga teratur. termasuk senam pagi terbukti bermanfaat bagi tubuh. karena dapat melancarkan sistem peredaran darah. menghalau perkembangan virus penginfeksi penyakit. hingga menurunkan risiko terkena obesitas.

Meskipun sering dianggap sepele. senam pagi yang umumnya melibatkan gerakan tubuh yang ritmis dan sistematis ini terbukti memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Apa sajakah manfaat senam pagi? 

1. Menghambat proses penuaan Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Lho. kok bisa?

dengan melakukan gerakan senam. sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar. Darah. seperti yang kita ketahui. mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh setiap jaringan tubuh. Jadi. jika peredarannya lancar. maka setiap anggota tubuh pun akan mendapatkan pasokan nutrisi esensial serta oksigen yang memadai. Hasilnya. Anda akan terlihat lebih bugar. segar. dan bergairah.

2. Meningkatkan kebugaran fisik

Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis. Anda secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin.

Nah,inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular Selain itu. banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko Anda mengalami cedera otot atau persendian.

3. Menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast

Manfaat senam pagi yang selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. Apa itu osteoblast dan osteoclast? Dua istilah tersebut mengacu pada sel yang ada pada tulang. Jika osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran; maka. osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru.

Banyak ahli berpendapat bahwa senam pagi dapat menyeimbangkan jumlah osteoblast dan osteoclast. Hasilnya. pembentukan tulang di dalam tubuh akan berjalan optimal sehingga Anda terhindar dari risiko osteoporosis serta penyakit tulang lainnya

4. Membantu menurunkan berat badan.

Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahrga ideal yang dapat dicoba. Pilihlah jenis senam yang banyak melibatkan gerakan aktif dan cepat. seperti senam aerobik. Lincahnya gerakan pada senam aerobik akan membuat tubuh Anda lebih aktif dalam membakar kalori.

Apalagi jika senam dilakukan sebelum sarapan. maka tubuh yang belum mendapatkan pasokan kalori akan membakar lemak sebagai cadangan energinya.

5. Menciptakan perasaan bahagia

Layaknya jenis olahraga lainnya. senam pagi juga dapat merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin.

Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood. meningkatkan imunitas. mengurangi stres. serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Dipublikasi Pada : 24-11-2023