BBPP KUPANG IKUTI KUNJUNGAN PERS GELORAKAN SEMANGAT KOSTRATANI MENUJU PERTANIAN MAJU; MANDIRI DAN MODERN

By: Ami Daiman

Dalam menjalankan tugasnya. humas tidak lepas dari media. Media berfungsi sebagai perantara humas dalam menyampaikan informasi atau pesan kepada publik. Melalui media. terbentuk opini publik. citra atau reputasi positif bagi Instansi.

Humas BBPP Kupang mengikuti Kegiatan Kunjungan Pers ?lah satu kegiatnnya adalah Kunjungan Pers yang di selenggarakan Oleh BPPSDMP di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Seputih Raman. Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh tiap perwakilan UPT BPPSDMP Kementerian Pertanian dan juga para insan pers yang selama ini telah berkontribusi dalam mempublikasikan isu serta keberhasilan pertanian di Indonesia.

Kegiatan Kunpers di Buka secara Resmi oleh Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M.Agr. Dihadiri oleh Sekretaris Badan PPSDMP ? (Dr. Ir. Sitti Munifah. M.Si) Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian. Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian Se-Indonesia. Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung. Direktur Polbangtan se-Indonesia. Tim Pers UPT se-Indoneaia berjumlah 25 orang. Peserta Pengolahan Hasil Kakao Bagi Non-aparatur berjumlah 30 orang.

Melalui sambutannya Ka.Badan PPSDMP KEMENTAN RI menegaskan bahwa Kostratani tidak ada unsur politik Kostratani adalah komando strategis pembangunan pertanian indonesia untuk pengawasi sarana dan prasarana penyuluhan pertanian. peningkatan SDM penyuluh pertanian melalui Balai pelatihan pertanian. untuk menjadikan petani Indonesia yang maju. mandiri dan modern.

? saya harap kepada petani agar mampu meningkatkan produksi Kakao dan singkong serta menjaga kualitas hasilnya dan juga petani mampu mengola hasil produksinya agar nilai jualnya semakin tinggi.ujar Dedi

Lanjut Dedi ? petani/pelaku pertanian untuk menjadikan tim pers sebagai teman. agar segala sesuatu yang dihadapi oleh petani dapat di ekspos kepada publik dan media pers juga merupakan sarana penghubung antara bapak ibu petani dgn Badan PPSDMP? pungkasnya

Dalam Kegiatan ini peserta Kunpers di ajak ke BPP Seputih Raman dan Rombongan Kunjungan Pers diterima langsung oleh Koord. BPP Kecamatan Seputih Raman. Camat serta Kepala Dinas Kabupaten Lampung Tengah. Dalam kegiatan kunjungan ini. Kepala BPPSDMP Pro. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M.Agr menyempatkan diri untuk menyapa para petani setempat melalui Teleconference dari AWR Kementerian Pertanian.

Prof. Dedi ?KOSTRATANI adalah upaya optimalisasi Balai Penyuluh Pertanian di Kecamatan melalui pembaharuan sapras. terutama sarana teknologi informasi. Selain itu. pengoptimalan BPP dilakukan dengan pelatihan penyuluh dan petani sebagai upaya peningkatan kualitas sdm pertanian kita. Nantinya seluruh program utama kementerian pertanian yang bermuara pada kesejahteraan rakyat danpetani aka dipusatkan di kostratani?

Khrisna Rajasa selaku Kepala Dinas Pertanian Kab. Lampung Tengah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menteri Pertanian atas implementasi program Kostratani di Kecamatan Seputih Raman. Denganadanya program ini. BPP di Lampung Tengah dapat optimal kembali. Selain itu. Khrisna berharap adanya peningkatan kuantitas penyuluh pertanian di daerah. melihat regenerasi penyuluh terkesan lambat.

Kegiatan kunjungan BPP Seputih Raman ditutup dengan melakukan kunjungan ke PP Gapsera Sejahtera Mandiri yang terletak di Desa Rejo Asri. Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah. PP Gapsera merupakan wadah perkumpulan petani yang memiliki fokus usaha di bidang budidaya padi tanpa penggunaan pestisida yang diberi nama ?BERASERA?. Dalam kunjungan ini. petani menyampaikan keberhasilan budidaya BERASERA di hadapan puluhan pers. serta menggaungkan visi mereka untuk menetaskan kemiskinan di daerah tersebut.

Dipublikasi Pada : 08-03-2020