BBPP Kupang Komitmen Wujudkan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa

By: Ami Daiman

 

Core Values ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding “Bangga Melayani Bangsa”. BerAKHLAK merupakan kepanjangan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Core values ASN menjadi penguatan dan pedoman ASN dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang bekerja baik pada instansi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah. Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

Dengan dipublikasikannya Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 20 tahun 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN, maka Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP)  Kupang secara berkala melakukan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK kepada seluruh pegawai BBPP Kupang melalui Apel pagi secara rutin pada hari Senin dan Kamis serta pada pertemuan-pertemuan internal Balai Besar pelatihan Peternakan (BBPP)  Kupang.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman menegaskan bahwa nilai-nilai dasar BerAKHLAK akan menjadi acuan sebagai dasar penerapan budaya kerja di Kementerian Pertanian untuk mewujudkan birokrasi organisasi yang sehat, transparan serta akuntabel. 

 

" Saya perintahkan semua eselon I dan UPT untuk melakukan internalisasi Core Values ASN BerAKHLAK agar semua ASN Kementan paham dan mengimplemantasikan dalam Kesehariannya" ungkap Mentan

sementara itu di kesempatan berbeda Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi.  mengatakan ASN kementan khususnya ASN BPPSDMP harus menjadi ASN pertanian yang profesional dan berintegritas

“Core Value ASN berAKHLAK menuntut ASN bekerja semaksimal mungkin, apalagi BPPSDMP mempunyai tugas mencetak SDM yang profesional, kompeten, mandiri dan berdaya saing,” katanya. 

Untuk mendukung transformasi birokrasi dan SDM Aparatur yang adaptif, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang Dalam hal ini di wakili oleh Kepala Bagian Umum Sitti Kamalia Kamal memberikan pembinaan kepada seluruh pegawai mengenai internalisasi dan implementasi core values BerAKHLAK pada Apel pagi, Senin (22/07/2024).

Kepala Bagian Umum menyampaikan  Pemerintahan yang baik dan kuat adalah pemerintahan yang dapat memastikan kesejahteraan bagi rakyatnya, berpihak kepada kepentingan bangsa dan negara, tidak meladeni dirinya sendiri, menemukan harapan dan kebutuhan negara/petani, rakyat tidak ada yang lapar, dan ekonomi terjaga. Ini semua membutuhkan kerja keras, kerja penuh dedikasi dan penuh semangat, kemampuan untuk beribadah, memahami core values ASN BerAKHLAK dan mengimplementasikannya dalam kegiatan sehar-hari. 

“  core values ASN BerAKHLAK dimplementasikan dalam kegiatan sehar-hari baik di keluarga maupun di dunia kerja karena  core values ASN BerAKHLAK memeiliki arti yang sangat mendalam  Sebagai instansi tempat mencetak SDM pertanian yang professional, mandiri, dan berjiwa wirausaha didukung SDM yang kuat dan Berorientasi pelayanan, bagaimana tugas kita menyiapkan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia, mendorong peningkatan produksi produktivitas, kesejahteraan petani ” kata Sitti. 

Semangat dari penyeragaman core values ini adalah untuk membangun kesadaran, pemahaman hingga akhirnya implementasi budaya kerja. Employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa” sebagai wujud nyata dari strategi penguatan budaya kerja lewat transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government).

 

 

 

Dipublikasi Pada : 24-07-2024