BBPP Kupang Laksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional, Tingkatkan Kualitas Pengabdian

By: Ami Daiman

Upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) merupakan upacara bendera yang secara rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 setiap bulannya yang bertujuan untuk memantapkan kualitas pengabdian dan pelayanan Kementerian Pertanian kepada masyarakat dengan meningkatkan Kinerja, komitmen dan profesionalitas ASN Kementerian pertanian.

Di lingkup Kementerian Pertanian, core values ASN Ber-AKHLAK telah resmi diadaptasi menjadi budaya kerja menggantikan nilai-nilai KKPID (Komitmen, Keteladanan, Profesioanlisme, Integritas, dan Disiplin) yang berlaku sebelumnya.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menegaskan, nilai-nilai dasar Ber-AKHLAK akan menjadi acuan dasar penerapan budaya kerja di Kementan untuk mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri, Modern.

“Untuk itu saya perintahkan agar menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values Ber-AKHLAK secara utuh, sesuai contoh perilaku yang relevan dengan konteks tugas masing-masing,” ungkapnya.

Arahan itu ditindaklanjuti Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi.

"Kita akan memastikan seluruh unit kerja di bawah koordinasinya telah menerapkan dan menginternalisasikan core values Ber-AKHLAK," tegasnya.

BBPP Kupang melaksanakan Upacara Hari Kesadaran Nasional bertempat di Lapangan Upacara BBPP Kupang Senin (18/09/2023). dan Pembina Upacara di wakili oleh Kabag Umum BBPP Kupang Bpk Bayu Ariawan , M.Pd  Turut hadir Seluruh Pegawai BBPP Kupang baik PNS maupun THL beserta Siswa/siswi Magang.

Peringatan Hari Kesadaran Nasional yang biasanya di laksanakan pada tanggal 17 setiap bulannya namun pada bulan ini dilaksanakan di tanggal 18 dikarenakan tanggal 17 jatuh pada hari minggu.

Pada kesempatan tersebut, Bayu Ariawan Selaku Kabag Umum menyampaikan Hari Kesadaran Nasional yang kita peringati ini, memiliki makna penting untuk memantapkan kualitas pengabdian serta meningkatkan kecintaan kepada Bangsa dan Negara. Selain itu juga dilaksanakan sebagai salah satu wujud nyata pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan kepada kita semua sebagai Aparatur Negara.

“Hari Kesadaran Nasional juga merupakan momentum untuk melakukan perubahan kearah positif, baik dari sisi sikap, mental, dan kinerja, sehingga performance aparatur baik ASN maupun Non ASN ke depan, lebih baik dan lebih meningkat lagi. Untuk itu saya mendorong, agar seluruh pegawai di lingkup BBPP Kupang dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat, sehingga memperoleh prestasi terbaik dan senantiasa mengedepankan integritas dan tanggung jawab serta menjunjung tinggi etika selama menjalankan tugas pekerjaan”, tutur Bayu.

 

Dipublikasi Pada : 18-09-2023