BBPP Kupang Lakukan Monitoring dan Evaluasi Pasca Diklat

By: Ami Daiman-drh. Helda G

(Jumat. 06/11/2020) Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP Kupang) merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibidang pelatihan ?yang melatih pada keahlian teknis. fungsional dan profesi di bidang peternakan bagi aparatur dan non aparatur. Setiap kali selesai menyelenggarakan pelatihan. akan dilakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Pasca Diklat untuk melihat sejauh mana keberhasilan dan manfaat yang didapat oleh peserta setelah mengikuti diklat. selain itu juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan diklat kedepannya.

Petugas Monev yaitu Sitti Aminah Daiman. SH selaku Kasubag Kepegawaian dan Rumah Tangga dan drh . Helda Gadja diterima oleh Kasie Kelembagaan Distan Kota Kupang Florianus Marsel. SP dan Koordinator Penyuluh ?Darius. SP. Ditemui saat melakukan Monev. Florianus Marsel sangat mengapresiasi kegiatan Monev ini. beliau mengatakan bahwa Kegiatan Monev penting untuk dilaksanakan karena dapat mengidentifikasi faktor kesuksesan dan kegagalan dalam sebuah implementasi program sehingga kedepannya dapat dicarikan solusi untuk menjamin berkembangnya kegiatan Diklat.

Monev dilakukan terhadap Purnawidya yang pernah mengikuti Pelatihan Formulasi Pakan. Perawatan Induk dan Pedet serta Kesehatan Ternak. Monev ini berlangsung Dinas Pertanian Kota Kupang. Purnawidya diminta untuk mengisi blangko Monev berdasarkan pengalaman Purnawidya setelah mengikuti Diklat.

Pemerintah Kota Kupang berharap agar semua penyuluh memiliki kemampuan dan skill yang merata dan mumpuni agar tidak terjadi kesenjangan. Walaupun nantinya ilmu yang didapat pada saat pelatihan belum tentu dapat diterapkan pada binaan penyuluh. Pada intinya Pemerintah Kota Kupang ingin agar SDM Penyuluh yang ada semakin memiliki kualitas yang baik.

Dipublikasi Pada : 09-11-2020