BBPP Kupang Manfaatkan Jerami Padi Untuk Pakan Ternak

By: Ami Daiman

Masa Panen Padi merupakan kesempatan bagi BBPP Kupang untuk memanfaatkan Jerami sebagai pakan ternak yang di ambil dari lahan-lahan sawah warga yang tidak di manfaatkan oleh pemiliknya.

jerami padi ?tidak sepatutnya lagi dipandang hanya ?sebagai limbah. melainkan perlu dipahami sebagai bagian ?hasil panen padi yang kaya manfaat ekonomi. di antaranya bisa dijadikan pupuk organik. ?pembenah tanah. mulsa. media tumbuh jamur. dan pakan ternak. Masih banyak petani yang membakar jerami padinya ?setelah padi dipanen. Tindakan ini bukan hanya menimbulkan asap yang dapat mencemari lingkungan. tetapi juga mereka kehilangan nilai ekonomi jerami yang besar.

Memang ?para petani ?padi di Indonesia belum memperlakukan jerami sebagai bagian yang menyatu dari usahatani padi. Sekitar 75% petani membakar jerami padinya di sawah.

Dari hasil penelitian Badan Litbang Pertanian diketahui dari satu hektar lahan sawah dihasilkan 5 ? 8 ton jerami padi. Bila pada hamparan 100 ha pertanaman padi berarti dihasilkan 500 ? 800 ton jerami padi yang dibakar. Dengan membakar jerami padi. ?mikroba yang berguna dalam proses biologis. seperti perombak bahan organik. pengikat nitrogen. dan mikroba yang memiliki fungsi biologis lain akan ikut mati dan sukar tergantikan keberadaannya. Namun tidak semua hama tanaman akan mati pada saat jerami dibakar karena hama dewasa. seperti tikus akan berpindah tempat.

Dengan Kondisi seperti di atas maka Kepala Balai Drh. Bambang Haryanto mengeluarkan instruksikan kepada ?devisi pakan BBPP Kupang untuk memanfaatkan dan mengumpulkan jerami-jerami tersebut di gunakan sebagai pakan ternak milik BBPP Kupang. Jerami tersebut di buat pakan Hay atau di padatkan sehingga dapat di pakai dalam jangka waktu yang lama untuk menghidari kelangkaan pakan akibat kondisi iklim yang di dominasi musim panas atau kemarau.

" ?Saya punya istilah kuasai hulunya kembangkan prosesnya dan bangun hilirnya. kita siapkan dulu produksi pakan ternak berbahan dasar jerami. kerjsama dengan para petani kita ambil jeraminya dengan menyewakan mesin-mesin perontok padai punya balai. tukar menukarnya di situ" ujar bambang

lanjut beliau " kalau pakan sudah tersediamaka upaya berikutnya adalah pola penggemukan ternak sapi. kambing dan ayam. lalu kita kembangkan pengolahan bahan asal ternak dan hasil pertanian lahan kering." tukas Kepala balai.

Pakan Ternak

Jerami padi sebagai pakan ternak ruminansia. terutama untuk sumber serat. Ketersediaan jerami padi di berbagai daerah cukup banyak. bahkan melimpah pada musim panen padi. Akan tetapi. kualitas gizi jerami rendah. yang ditandai oleh rendahnya kandungan protein dan tingginya kandungan silika dan lignin. sehingga kecernaan jerami padi rendah. Karena itu. pemberian jerami padi mentah kurang menguntungkan dari aspek kesehatan ternak. Jerami merupakan salah satu bahan pakan ternak yang kurang bermutu. Zat- zat yang terkandung di dalamnya. seperti selulosa yang sebenarnya masih bisa dimanfaatkan oleh sapi terselubung oleh dinding keras. yakni silica dan lignin. sehingga selulosa sulit dicerna oleh sapi. Daya cerna jerami padi rendah disebabkan karena struktur jerami yang sudah tua dan jaringan-jaringan pada jerami telah mengalami proses pengerasan. Akan tetapi manfaat jerami padi dapat ditingkatkan melalui proses fermentasi.

Proses fermentasi jerami berbeda dengan amoniasi yang merupakan proses perombakan dari struktur keras menjadi struktur yang lebih lunak. Dengan demikian yang berubah dalam proses amoniasi hanyalah struktur fisiknya saja dan penambahan unsur N. Sedangkan fermentasi jerami merupakan proses perombakan struktur keras secara fisik. kimia dan biologi. sehingga struktur yang kompleks tadi akan berubah menjadi lebih sederhana dan daya cerna ternak menjadi lebih efisien.


Dipublikasi Pada : 02-12-2019