BBPP Kupang Mendukung Program Komisi IV DPRI-RI

By : Marthen Leonard Ressie, SP., M.Si

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas dan Daya Saing Petani dan Penyuluh yang dilaksanakan di Hotel Nusa Dua Kabupaten Malaka (09/07/2024) yang merupakan kerjasama Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMKPP) Negeri Kupang dan Anggota DPR-RI Komisi IV. kaka Ansy Lema (sapaan akrab Bpk. Yohanis Fransiskus Lema,SIP.,M.Si), bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan kepada petani dan penyuluh agar kapasitasnya dapat ditingkatkan terkhususnya sesuai dengan tema “Pemanfaatan Alat Mesin Pertanian (Alsintan)”

Pembekalan materi oleh Marthen L. Ressie,SP.,M.Si (Widyaiswara BBPP Kupang) tentang bagaimana peran/manfaat alsintan, cara mengoperasikan dan merawat alsintan. Hal ini sangat diperlukan oleh petani sebagai penerima bantuan dan penyuluh sebagai pendamping petanin dilapangan, agar benar-benar alat-alat ini dapat dikelola secara baik serta berjangka usia yang lama.

Adapun kegiatan praktek yang dilakukan pada kegiatan bimtek ini adalah cara memperbaiki hand spryer (pompa tangan) dimodifikasi menjadi pompa elektrik dimulai dari pengelan kebutuhan alat dan bahan serta proses pengerjaan bersam peserta. Selanjutnya dilakukan pengenalan dan praktek pembuatan pupuk organik cair bakteri fotosintetik.

Dalam kegiatan ini peserta sangat senangdan berterima kasih karena mendapat pengetahuan yang baru, terutama tentang teknologi-teknologi sederaha, murah dan mudah dialksanakan. Terutama dalam memperbaiki hand spryer dan membuat pupuk organik cair. Sehingga dengan mengalami hal-hal pembelajaran secara langsung sangat menggugah minat dari petani untuk dapat mencoba dan mengaplikasikan dilapangan, ungkup Bpk. Roy Seran (salah saru peserta)

Dipublikasi Pada : 18-07-2024