BBPP Kupang Mendukung SIKOMANDAN dengan Menyelenggarakan Pelatihan Kesehatan Hewan

By: Ami Daiman

Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. menyelenggarakan peatihan tentang kesehatan hewan kepada petugas atau penyuluh di wilayah kerja BBPP Kupang

"Pelatihan kesehatan hewan bagi penyuluh ini untuk meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan hewan. sehingga diharapkan layanan kesehatan hewan kepada petani dapat meningkat di wilayah kerja penyuluh

Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi manusia dan ternak yang besar. Karena itu. layanan kesehatan hewan yang kuat dapat diandalkan untuk melindungi status kesehatan hewan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan petani dan melindungi keselamatan manusia dari infeksi penyakit zoonosis atau penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia.

Dalam sektor peternakan. lanjutnya. permasalahan kesehatan hewan dan berbagai masalah produktivitas ternak sering muncul dan bersifat kompleks.

?Diklat ini untuk meningkatkan kompetensi penyuluh agar bisa diaplikasikan di daerahnya. serta saling berkoordinasi dengan dokter hewan di dinas bila ada kasus kesehatan hewan." kata dr. Bambang selaku Kepala Balai.

Diklat tersebut berlangsung selama 7 hari dari tanggal 6-12 Februari 2020 bertempat di BBPP Kupang. diikuti 30 orang peserta terdiri atas petugas kesehatan. penyuluh pertanian. serta petugas inseminator.

Selama mengikuti diklat peserta mendapatkan materi antara lain tentang cara mengidentifikasi penyakit hewan menular. biosecurity. mengidentifikasi penyakit reproduksi. melakukan teknik pengobatan serta penanggulangan hewan yang sakit.

Salah satu rangkaian kegiatan ini. peserta akan melakukan observasi lapangan ke Puskeswan Batakte Kab. Kupang Barat untuk mengetahui lebih lanjut tentang permasalahan kesehatan hewan.

"Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan. wawasan dan semangat para petugas untuk memberikan pelayanan kesehatan hewan. sehingga kesejahteraan para peternak dapat terwujud dan menyukseskan Nawacita program pemerintah dalam swasembada daging." kata kepala balai

Dipublikasi Pada : 12-02-2020