BBPP Kupang produksi Jifer (Jerami Fermentasi) di tengah wabah Corona

By: Drh. Helda

Kebutuhan hijaun sebagai pakan pokok untuk ternak ruminansia seringkali terkendala saat musim kemarau. Sementara ketersediaan jerami padi terbilang melimpah menjelang musim kemarau. Oleh karena itu jerami padi sangat penting artinya untuk dimanfaatkan menjadi pakan ternak dimana jerami padi mengandung serat kasar dan silikat yang tinggi sedangkan kadar protein dan daya cernanya rendah. Untuk meningkatkan mutu jerami padi perlu dilakukan proses fermentasi.

Di tengah pandemik virus Corona ini. BBPP Kupang tetap produktif dengan membuat Fermentasi Jerami untuk memenuhi kebutuhan pakan pada ternak sapi di BBPP Kupang.

Drh. Bambang Haryanto mengatakan ? Kita semua tahu bahwa NTT dulunya terkenal dengan gudang sapi untuk dikirim kemana-mana.Kenapa sekarang nama itu sudah tenggelam. Tentu ada hal yang masih kurang dan tidak diperhatikan secara serius. Persoalan utamanya itu apa. ketersediaan pakan.

Ditemui di sela-sela pembuatan Jerami Fermentasi.?Fabianus Kowa Keraf. M.Si Selaku widyaiswara divisi pakan?menerangkan bahwa pembuatan fermentasi jerami ini dibuat dengan cara yang cukup sederhana. yaitu dengan mencampurkan jerami kering dengan polar kemudian ditambahkan air secukupnya. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah wadah untuk difermentasikan selama satu minggu. Jerami yang terfermentasi dengan baik ditandai dengan aroma yang harum serta tekstur yang tidak berubah.

Ditambahkannya. pemanfaatan jerami fermentasi ini untuk alternatif pemenuhan kebutuhan pakan ternak pada musim-musim tertentu dan karena jerami memiliki kandungan nutrisi yang rendah maka dengan cara fermentasi diharapkan kandungan nutrisinya lebih baik.

Agar pakan ini bertahan beberapa bulan kedepan maka di buatlah packaging dengan mesin hyprees dan di bungkus pakai plastic rap agar kedap udara.

Dipublikasi Pada : 10-04-2020