BBPP Kupang Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021 Lingkup Eselon II Kementerian Pertanian

By. Ami Daiman

Era revolusi industri 4.0 dan transformasi digital telah mendorong berkembangnya teknologi mengenai keterbukaan informasi publik pada saat ini. Berkat kerja keras dan komitmen akan hal itu. BBPP Kupang berhasil meraih predikat Menuju Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 oleh ?Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Senin 11/10/2021 di Jakarta.

Menteri Pertanian mengatakan informasi menjadi energi yang mampu mengakselerasi proses pembangunan pertanian Indonesia kedepan.

?Kementerian Pertanian sebagai badan publik telah berpartisipasi dan berkomitmen dalam mengejawantahkan visi besar keterbukaan informasi publik? ungkap Syahrul.

Syahrul mengatakan. partisipasi dan komitmen Kementan dalam informasi publik adalah dengan memastikan terciptanya layanan informasi publik yang cepat dan akurat di era digital.

?Saat ini perkembangan teknologi ?informasi sangat pesat. kita dituntut untuk lebih responsif dan inovatif. dan Kementan mampu menjawab tantangan itu secara tepat. terbukanya informasi kinerja pembangunan pertanian. akan berdampak positif dalam penyelenggaraan negara yang baik. bersih. transparan dan akuntabel? beber Syahrul.

Sejalan dengan Mentan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi mengatakan Keterbukaan informasi publik adalah wajib untuk setiap instansi pemerintah.

Dedi Nursyamsi menambahkan. wajib hukumnya untuk insan BPPSDMP berjuang melakukan keterbukaan informasi publik dengan transparan. BPPSDMP bahkan secara konkret mendukung program ini dengan melakukan penyediaan anggaran di RKKL 2021.?

"Ada banyak sekali parameter yang harus menjadi acuan kita untuk melaksanakan keterbukaan informasi publik. Tapi kita berkomitmen untuk menjalankan hal tersebut." ujarnya.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang drh. Bambang Haryanto. MM ?menjelaskan. jika hal ini telah menjadi bukti nyata atas komitmen BBPP Kupang dalam mendorong keterbukaan informasi publik dengan terus menyajikan informasi yang benar. terbuka. dan transparan. ?Sehingga masyarakat bisa mendapatkan maupun bertanya mengenai informasi yang berhubungan dengan BBPP Kupang kapan pun.? tutur bambang

Hal ini juga. menurut Bambang menjadi kewajiban bagi BBPP Kupang sebagai Badan publik dalam melaksanakan amanat Undang-Undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam Penganugarahan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021 lingkup Kementerian Pertanian Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang tahun 2021 mendapat penghargaan Unit Kerja Menuju Informatif.

lanjut Bambang. hal tersebut merupakan ?kerja keras bersama seluruh Punggawa BBPP Kupang dalam mewujudkan berbagai rancangan ?inovasi yang berkaitan dengan keterbukaan informasi publik. Pertama. dengan menetapkan organisasi pengelola informasi dan dokumentasi di BBPP Kupang. Kemudian menyediakan Pusat Layanan Terpadu yang mana semua informasi dapat diperoleh secara online maupun offline.?

BBPP Kupang tetap bersemangat dan berkomitmen menjalankan Tusi PPID dan tetap bersemangat mewujutkan predikat Menuju Informatif di Tahun 2022.

Seamngaaatt BBPP Kupang Maju Terus.............Cayooo.

Dipublikasi Pada : 11-10-2021