BBPP Kupang Serahkan Bantuan Sarpras ke P4S Di NTT dan NTB

By: Bayu Ariawan (BBPP Kupang)

Dalam upaya peningkatan dan penguatan kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya(P4S). Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang memberikan bantuan sarana prasarana pelatihan kepada P4S yang berada di NTT dan NTB. Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh Kepala Bagianumum BBPP KupangH.Muhammad UkkasS.Pi.M.Si.Kegiatan penyerahan dilakukan dalam dua tahapan yaitu tahap pertama pada hari Sabtu. 17 November 2018 untuk wilayah NTB dan hari Rabu. 12 Desember 2018 untuk wilayah NTT.

Pada tahun anggaran 2018. terdapat tujuh P4S yang mendapatkan kesempatan menerima bantuan tersebut. Tujuh P4S tersebut diantaranya 5 berada di wilayah NTT yaitu P4S Tungbers. P4S Bina Mandiri. P4S Sukamaju. P4S Damai dan P4S Karya Agri. Sedangkan 2 P4S yang lain berasal dari NTB yaitu P4S Batu Beson dan P4S Askot. Bantuan sarpras pelatihan yang diserahkan berdasarkan kebutuhan sarana dan prasarana yang dibutuhka nmasing-masing P4S melalui proposal yang telah dibuat dan diserahkan ke Bagian Program BBPP Kupang.Bantuan tersebut diantaranya berupa laptop. printer. infocus. whiteboard. kursi. lemaridanmejabelajar.

Dalam serah terima bantuan sarpras tersebut.H.Muhammad Ukkas.S.Pi.M.Si selaku Kabag Umum BBPP Kupang berharap agar bantuan sarpras yang telah diberikan ini dapat meningkatkan kinerja dan pengembangan kelembagaan P4S selanjutnya. Peningkatan kelembagaan P4S dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian khususnya untuk para petani diharapkan selanjutnya dapat berefek pada peningkatan kesejahteraan bagi para petani.

Kepala seksi Program dan Kerjasama BBPP Kupang.BayuAriawan. S.Pd.Si. M.Pd menuturkanbahwadalam upaya peningkatan kelembagaan P4S BBPP Kupang mengagendakan beberapa kegiatan salah satunya dengan memberikan bantuan sarana prasarana pelatihan. Diharapkan dengan bantuan tersebut bisa semakin memperkua tkelembagaan P4S untuk meningkatkan kegiatan pelatihan .khususnya bagi kelompok tani yang menjadi binaannya. Kegiatan lain yang dilakukan selain dengan memberikan bantuan sarpras yaitu dengan melakukan kunjungan rutin ke P4S dan juga mengadakan pelatihan kepada petani yang dilaksanakan di P4S. Diharapkan dengan berbagai macam kegiatan tersebut dapat meningkatkan fungsi dan kelembagaan P4S bahkan diharapkan dapat memacu tumbuh kembangnya P4S yang baru.

Dipublikasi Pada : 12-12-2018