BBPP KUPANG TURUT SERTA DALAM PAMERAN GEBYAR AGROSTANDAR BSIP NTT

By: Sukmawati

Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) memasuki usia satu tahun, mengusung tema “Agrostandar Hebat, Pertanian Maju” di gelar secara serentak di 33 titik lokasi seluruh Indonesia dan memperingati hari bersejarah tersebut di rayakan cukup meriah dan dihiasi dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan tersebut diantaranya pameran dan bazar hasil pertanian. Dilaksanakan selama tiga hari dimulai dari tanggal 19 September hingga 21 September 2023 di BB Biogen Komplek BSIP Cimanggu, Bogor.

Gebyar Agrostandar merupakan acara pameran dan bazar yang digelar oleh Kementerian Pertanian sebagai rangkatan satu tahun berdirinya BSIP.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menekankan bahwa tidak semua negara bisa mencapai kemajuan seperti yang dicapai oleh Indonesia saat ini, dengan tingkat inflasi yang stabil berkisar antara 3 hingga 4 persen. Keberhasilan ini tidak lepas dari sektor pertanian yang tangguh dan kokoh.

“BSIP akan terus berkembang kedepan dan harus terus berkembang kedepannya, dan harus terus bergerak kedepannya dan harus terus bergerak maju demi Indonesia yang lebih baik,” ujar Syahrul

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan meski baru berumur satu tahun, BSIP tercatat rekam jejak cukup baik dan telah memberi sumbangsih pada pembangunan pertanian.

“Selama satu tahun terakhir, BSIP telah melaksanakan berbagai kegiatan guna meningkatkan eksistensinya dalam pembangunan pertanian. Semoga BSIP selalu terus meningkatkan kinerjanya terutama dalam standarisasi hilir pertanian,” kata Dedi. 

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang ikut aktif berpartisipasi dalam pameran gebyar agrostandar yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Insutrumen Pertanian (BSIP) NTT.  Pameran ini merupakan acara prestisius yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan standar dalam sektor pertanian di NTT sekaligus bertujuan mempererat kerja sama dengan mitra serta mensosialisasikan lembaga BSIP NTT kepada khalayak umum.

Pameran Gebyar Agrostandar BSIP NTT merupakan bagian dari perayaan HUT BSIP yang pertama, yang menggambarkan perkembangan standar dan inovasi di sektor pertanian. Pameran ini berlangsung pada tanggal 26 September hingga 27 September 2023 di halaman kantor BSIP NTT.

BBPP Kupang, sebagai lembaga terkemuka dalam pelatihan dan pengembangan keahlian di sektor pertanian dan peternakan memainkan peran penting dalam pameran ini dengan menampilkan program-program pelatihan unggulan seperti Pelatihan Sertifikasi Juru Sembelih Halal (JULEHA) dan teknologi  terbaru dalam peternakan serta produk-produk inovatif yang mendukung pertanian yang berkelanjutan di wilayah NTT.

Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, Yulia Asni Kurniawati menyatakan sangat senang berpartisipasi dalam Pameran Gebyar Agrostandar ini dan berkomitmen untuk terus mendukung pertanian di NTT dengan inovasi dan teknologi terkini.

“Kami sangat gembira dapat berkontribusi dalam merayakan pencapaian BSIP yang luar biasa. Pameran ini adalah kesempatan luar biasa untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kami dalam mendukung pertanian dan peternakan yang berkualitas di daerah NTT,” Ungkap Yulia.

Dipublikasi Pada : 26-09-2023