BBPP Kupang Upgrade Kapasitas SDM melalui Digitalisasi Layanan

By: M. Noor TM

Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang terus berupaya meningkatkan Kapasitas SDM dan kualitas pelayanannya. Salah satu yang dilakukan adalah dengan dilaksanakannya In House Training (IHT) terkait Peningkatan Kapasitas Pengelola Inkubator Agribisnis dalam Penggunaan Aplikasi/Digitalisasi Layanan Inkubator Agribisnis yang bertempat di Aula BBPP Kupang, Senin (22/7/2024).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa peran SDM dalam pertanian sangat penting. “kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) harus terus ditingkatkan. Terlebih, Kementerian Pertanian kembali mencanangkan agar Indonesia bisa kembali swasembada pangan.” ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi menggaris bawahi yang memegang peran dalam kemajuan sektor pertanian adalah SDM. Menurutnya, yang paling menonjol dari Negara maju adalah sumber daya manusia nya. Apabila sektor pertanian ingin maju, maka harus dimulai dari kemajuan sumber daya manusia.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum BBPP Kupang, Sitti Kamalia Kamal mengungkapkan Kegiatan In House Training ini merupakan hal penting dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi pengelola.

“Diharapkan dengan adanya kegiatan IHT ini, pengelola inkubator agribisnis di BBPP Kupang dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mengelola inkubator agribisnis secara efektif dan efisien terutama dalam hal digitalisasi, sehingga dapat membantu para pelaku usaha agribisnis di NTT dalam mengembangkan usahanya.” papar Sitti.

Diikuti oleh 24 orang peserta, kegiatan ini menghadirkan narasumber yang merupakan pakar IT terkait digitalisasi dari CV. Eternal Masterpiece, Kupang dengan materi yang disampaikan meliputi pengenalan digitalisasi, pengenalan aplikasi berbasis web, pentingnya digitalisasi, manfaat digitalisasi, pengenalan website dan lagkah-langkah pembuatan website.

Dipublikasi Pada : 22-07-2024