BERSAMA TNI DALAM MENSUKSESKAN PROGRAM UPSUS PAJALE

By: Fabianus Kowa Keraf. SP.M.Si

Program Upaya Khusus (Upsus) dalam meningkatkan produksi padi. jagung dan kedelai. yang merupakan program unggulan Kementerian Pertanian tahun 2014-2109 telah memberikan hasil yang positif terhadap pembangunan di bidang pertanian. Program yang luar biasa ini telah melibatkan pihak-pihak yang berperan langsung di tingkat petani. Salah satu intansi pendukung yang berperan langsung terhadap program Upsus Pajale adalah TNI.

Keterlibatan dalam pengawalan kegiatan Upsus pajale ini. diawali dengan pembekalan bagi para penggiat Upsus. khususnya kepada Penyuluh ?Pertanian dan juga kepada TNI. melalui pelatihan yang diselnggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. yang merupakan UPT pusat di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian-Kementerian Pertanian Indonesia.

Selain pendampinbgan terhadap pertambahan Luas Tambah Tanam (LTT) Padi; Luas Tambah Tanam Jagung (LTJ) dan Luas Tambah Tanam Kedelai (LTK). juga dilakukan kerjasama dalam pengawalan tgerhadap penggunaan alat mesin pertanian. saluran irigasi. sistem tanam jajar legowo. penentuan waktu panen. Buah dari kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian. memberikan dampak yang sangat besar terhadap produksi beras dan produksi pertanian lainnya sehingga dapat menekan inport produk pangan serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani pada khususnya.

?Dengan demikian maka sistem kerjasama antara TNI dan Kementerian Pertanian. perlu dipupuk dalam mewujudkan program swasembada pangan serta memperkuat ekonomi Indonesia. Kerjasama yang sudah terjalin sejak 5 tahun yang lalu. jangan sampai pudar akibat jalannya waktu. namun harus lebih dipererat melalui kegiatan-kegiatanh yang melibatkan semua komponen. Semoga kedepannya. kita kembali menemukan PPL. TNI dan Mantri tani dalam satu wadah petani yaitu dalam diskusi di Kelompok tani tentang perkembangan usaha-usaha yang di kelola ?petani.

Dipublikasi Pada : 21-11-2019