BERTANI ON CLOUD : BAKSO AYAM KELOR (BAKSELOR)

By: Drh. Helda Gadja

(08/09/2020) BBPP Kupang berkesempatan menyelenggarakan pelatihan berbasis online (e-learning) yang juga merupakan salah satu program Kementerian Pertanian yang rutin dilakukan dua kali dalam seminggu. Bertani On Cloud Vol. 40 kali ini sangat menarik pasalnya pada pelatihan kali ini membahas cara pembuatan Bakso Ayam Kelor. Tanaman Kelor sangat umum ditemui ketika berada di kawasan NTT. tanaman ini cukup popular di kalangan masyarakat NTT karena hampir disetiap rumah penduduk terdapat tanaman kelor.

Tanaman Kelor memiliki nilai gizi yang tinggi dan memiliki segudang manfaat. oleh karena itu WHO telah mendeklarasikan kelor sebagai ?Miracle Tree?. Hal ini jugalah yang membuat BBPP Kupang melakukan inovasi dibidang pengolahan hasil dengan membuat Bakso Ayam Kelor.

Bertani On Cloud Vol. 40 mengenai Pembuatan Bakso Ayam Kelor (Bakselor) dipandu oleh Ir. Wiwiek Yuniarti Costa. M.Si dan Fitri M. Manihuruk. M.Si sebagai Widyaiswara yang berkompeten di bidang pengolahan hasil. Disamping itu. ada pula Catharina Ika Wahyuni. S.Pt. M.Ec.Dev sebagai MC yang memandu jalannya acara dengan apik.

Acara ini di buka oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian Ir. Bustanul ?Arifin Caya M.DM. Dalam sambutannya. beliau mengatakan bahwa topik yang diangkat kali ini sangat menarik dan sudah sepatutnya disimak dengan baik oleh seluruh partisipan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan praktek tahapan-tahapan cara pembuatan Bakselor. Proses pembuatan yang ditampilkan menjadi lebih menarik karena diiringi dengan penjelasan mendetil dari WI. Tidak hanya itu untuk lebih menghidupkan suasana. disisipkan pula kuis berhadiah bagi partisipan dan sesi diskusi. Acara kemudian ditutup langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang. dalam sambutannya beliau sangat berterima kasih kepada seluruh partisipan yang sudah berkenan mengikuti acara ini dan beliau juga berharap agar materi yang disampaikan bisa dipraktekan dan membawa banyak manfaat.

Dipublikasi Pada : 09-09-2020