Bukti Pertanian Tidak berhenti P4S Abdilaburatus Kabupaten Kupang Binaan BBPP Kupang dukung program Kementan.

By: Ami Daiman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta seluruh aparatur di Kementerian Pertanian (Kementan) dan para petugas pertanian di daerah bekerja serius dalam mengoptimalkan potensi sektor pertanian ke depan. pertanian Indonesia tidak boleh mundur apalagi kalah dari negara tetangga.
Geliat Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) memang tak begitu banyak terdengar ketimbang kelompok tani atau gabungan kelompok tani. Namun peran P4S tak kalah penting dalam mendukung pembangunan pertanian.
Seperti di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. meski kelembagaan P4S sudah lama terbentuk. tapi baru beberapa P4S yang bisa eksis. Salah satunya P4S Abdilaboratus yang berlokasi di Desa Mata Air Kabupaten Kupang.
P4S yang didirikan oleh Yohanes Lalang petani hortikultura di Desa Mata Air ini. mulai eksis sejak tahun 2006. mengandalkan keterampilan dan pengalaman dirimya bersama sang istri mulai menggeliat dengan memanfaatkan lahan miiknya seluas 25 are (tidak dalam 1 hamparan ).
P4S yang di gawangi yohane lalang ini ?menggarap lahan miliknya menjadi lahan budidaya sayur-sayuran seperti tomat. brokoli. kacang panjang. ketimun dan apel india (Putsa) mulai dari Pengolahan Lahan. Persiapan Benih dan Penanaman. Pemupukan. pemeliharaan. Pengendalian OPT (Organisme pengganggu tanaman) sampai Panen dan Pascapanen.. dan budidaya sayuran mengacu konsep semi organik.
Yohanes ? mengatakan budidaya sayuran ini sangat di gemarinya dan menguntungkan buat kehidupannya beserta P4S yang digawanginya?
Kepala Balai drh. Bambang Haryanto mengatakan Dalam rangka mendukung program utama Kementerian Pertanian antaralain kostratani dan gratieks kami memotivasi salah satu binaan kami yaitu P4S Abdilaboratus untuk tetap menanam meskipun besok kiamat sesuai semboyan dalam arahan Kepala Badan PPSDMP dan tentu saja kami tindaklanjtidan sampaikan kepada binaan kami? ungkap Bambang
Yohanes lalang sebagai P4S binaan BBPP Kupang begitu antusias dan semangat untuk tetap produksi dan menanam. Yohanes lalang tidak saja terjun dan praktek langsung di lahannya namun beliau juga sering di panggil untuk menjadi instruktur pada pelatihan-pelatihan mengenai budidaya sayuran
Hasil yang P4S dapati dari usaha budidaya ini adalah Tomat di tanaman sebanyak 700 pohon panen tahap 1 dan tahap 2 dengan hasil Rp. 27.000.000. Brokoli dengan hasil Rp. 2000.000. ketimun 800 pohon dengan hasil Rp.7.000.000 kacang panjang dengan hasil Rp. 2.500.000
Yohanes lalang bersama dengan P4S abdilaboratus mulai merasakan hasil. Dari apa yang mereka tanam dan Jenis sayuran ini bisa ditanam sepanjang musim.

Dipublikasi Pada : 02-04-2020