Cara agar Ternak Ayam Potong Cepat Panen

Sumber: Pertanianku.com

Bisnis ayam potong memang cukup menjanjikan. Keuntungan yang didapatkan para peternak adalah permintaan pasar akan daging ayam yang tidak pernah sepi serta harga daging ayam yang relatif stabil bahkan meningkat. Akan tetapi. bagaimana?cara agar ternak ayam potong cepat panen?

Berbicara mengenai masa panen. ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan supaya ayam potong bisa dipanen lebih cepat dari biasanya. seperti berikut ini.

Kandang

Kandang menjadi faktor yang sangat vital bagi tumbuh kembang ayam sebelum nantinya siap untuk dipanen. Lokasi kandang menjadi aspek utama yang harus Anda perhatikan. Usahakan untuk membuat kandang yang memiliki jarak sekitar 100 meter dari pemukiman warga terdekat.

Usahakan untuk membangun kandang di dekat sumber air. Selain mudah untuk mencukupi kebutuhan air ayam di kandang. sumber air juga bisa menjadi penetral alami dari limbah yang dihasilkan.

Perhatikan juga penentuan posisi kandang. Kandang yang ideal adalah kandang yang membujur dari timur ke barat. Hal tersebut bukannya tanpa alasan. Dengan posisi tersebut. ayam akan mendapatkan pasokan cahaya yang cukup pada siang hari sehingga baik bagi pertumbuhannya.

Bibit ayam

Tentu saja. sebaik apa pun Anda merawat ayam potong. tapi jika bibit yang didapatkan tidak baik. usaha Anda akan sia-sia. Memilih bibit ayam yang baik jelas sangat penting. Selain mengurangi risiko kematian karena terkena penyakit. bibit ayam yang baik juga potensial untuk bisa cepat dipanen.

Usahakan untuk melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu tentang bagaimana bibit ayam yang akan Anda dapatkan tersebut ditetaskan. Perhatikan juga ciri fisiknya. Ayam dengan ciri fisik tidak sehat biasanya sudah bisa dikenali sejak dini.

Vaksin

Ayam potong memang rentan sekali terhadap virus dan penyakit sebaik apa pun kualitas bibitnya. Nah. ada cara khusus untuk menyimpan vaksin supaya kualitasnya tidak menurun hingga saatnya diberikan kepada ayam potong.

Anda bisa menyimpan vaksin dalam termos dingin bersama es batu untuk beberapa saat jika belum digunakan. Atau. jika ingin lebih mudah. Anda bisa menyimpannya di refrigerator dan mengambilnya saat siap digunakan.

Pakan

Anda harus benar-benar tahu kebutuhan ayam Anda pada setiap masa tumbuhnya. Untuk masa pembesaran. ayam membutuhkan pasokan kadar protein yang tinggi. Sementara. pada masa penggemukan. ayam lebih banyak membutuhkan nutrisi lain seperti lemak. mineral. serta vitamin. Memberikan kebutuhan yang pas adalah kunci agar Anda bisa panen ayam potong lebih cepat.

Dipublikasi Pada : 05-08-2019