CARA BUDIDAYA PEPAYA CALIFORNIA ALA PETANI MELENIAL

By: Ami Daiman

Menanam dan membudidayakan pepaya california bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha dengan keuntungan yang besar. Pasalnya. buah ini merupakan salah satu buah sehat yang banyak disukai orang dan permintaan pasarnya yang tinggi. sehingga akan banyak orang yang mencarinya. Secara umum. pepaya california akan nampak sama saja dengan pepaya pada umumnya. Namun jika dilihat lebih dalam. pepaya california ini memiliki keunggulan dalam hal rasanya yang manis dan segar. warna buahnya yang merah serta daging buahnya yang tebal jika dibandingkan dengan pepaya biasa.

Hal ini yang di lakukan oleh Petani Melenial Gestianus Sino menangkap peluang besar dalam budidya Pepaya California. Gestianus Sino alias Gesti. demikian nama pemuda itu adalah petani organik NTT yang mengembangkan konsep pertanian terpadu di atas lahan seluas sekitar 1000 m2 di Desa Penfui Timur. Kecamatan Kupang Tengah. Kabupaten Kupang.

Pada tahun 2013 ia memutuskan untuk meninggalkan status pegawai honor dan mulai menggarap lahannya dengan menanam pepaya California. Sejalan dengan pernyataan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan menyampaikan sektor pertanian menjadi harapan. tulang punggung ditengah upaya pemerintah dalam ?menanggulangi Covid-19. ?SYL meyakini usaha dan kredibilitas generasi muda di bidang pertanian semakin berkembang.

?Saya makin percaya anak muda yang mau terjun dibidang pertanian ?bisa punya peluang kehidupan dan ekonomi yang lebih baik. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia maka dunia dalam genggaman kalian? ujar SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian. Dedi Nusyamyi mengatakan. peran generasi milenial mampu ikut membantu menjadi corong positif pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian. dengan mempercepat advokasi kepada masyarakat terutama berkaitan dengan program-program Kementerian Pertanian.
?Meskipun saat ini negara kita diserang wabah Covid-19 tetapi petani tetap semangat tanam. semangat mengolah dan semangat panen. Ini membuktikan pertanian tidak berhenti.?tukas Dedi.

Pepaya California merupakan salah satu jenis buah yang sangat banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini terbukti dari besarnya permintaan pasar di Indonesia akan buah yang satu ini. Maka dari itu. wajar apabila banyak petani khususnya gesti seorang petani melenial tertarik untuk membudidayakan pepaya california ini.

Berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membudidayakan pepaya California yang di lakukan oleh Gestianus Sino. SP

Syarat tumbuh

Tanaman pepaya california dapat tumbuh pada ketinggian 700-1000 mdpl dengan curah hujan 1000-2000 mm/tahun. Suhu lingkungan yang baik untuk budi daya pepaya ini yaitu berkisar antara 22-26 0C dengan kelembaban udara sekitar 40%.

Tanaman pepaya california dapat tumbuh baik pada tanah yang subur. gembur dan harus banyak menahan air. pH tanah yang ideal adalah netral dengan pH 6-7. Angin yang tidak terlalu kencang sangat baik untuk penyerbukan bunga pepaya.

Pembibitan

Dibuat media semai pada polybag yang telah dilubangi sedalam 1cm pada bagian tengahnya. Kemudian biji dimasukkan dan ditutup dengan lapisan tanah tipis. Bibit disiram setiap hari. Kecambah benih akan muncul setelah 12-15 hari. Ketika biji telah tumbuh menjadi bibit dengan ketinggian 15-20 cm (umur 45-60 hari) bibit siap ditanam di lahan.

Penanaman
15 hari sebelum bibit ditanam. terlebih dahulu dibuat lubang tanam dengan jarak tanam 2.5?2.5 m. Selanjutnya. bibit pepaya dimasukkan ke dalam lubang tanam yang sebelumnya sudah diberi pupuk kandang atau pupuk kompos. Setiap lubang tanam diisi dengan satu buah bibit. Proses penanamannya dilakukan ketika sore hari.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman pepaya california meliputi penyiangan. penyiraman dan pembumbunan. Penyiangan sebaiknya dilakukan secara manual dengan cara mencabuti rumput atau membabat. Sementara penggunaan herbisida sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu dan merusak akar tanaman pepaya california.

Penyiraman dilakukan saat musim kemarau atau jika tanah dalam kondisi kering. Penyiraman bisa dilakukan dengan sistem leb (penggenangan) atau menggunakan sprinkler.

Pembumbunan dilakukan dengan tujuan menutup akar yang ada dipermukaan tanah sekaligus untuk merangsang pertumbuhan akar baru. Pembumbunan juga berperan untuk memperkuat batang tanaman pepaya agar tidak mudah roboh. Pembumbunan dilakukan setelah penyiangan dan dilakukan bersamaan dengan pemupukan susulan.

Pemupukan

Pemupukan susulan dilakukan seminggu setelah tanam menggunakan pupuk NPK sebanyak 200 gram/pohon. Kemudian. ketika memasuki usia 3 bulan ditambahkan pupuk NPK 300 gram /pohon. Selanjutnya. usia 6. 9 dan 12 bulan dipupuk NPK 500 gram ditambah pupuk kandang 40 kg /pohon. Setelah tanaman berbuah bisa diberikan pupuk KCI supaya daya tahan lebih kuat dan buahnya lebih manis.

Pengendalian OPT

Beberapa macam hama yang biasa menyerang buah pepaya california antara lain hama kutu putih. aphid dan tungau. Hama ini menyerang dengan cara menghisap semua cairan yang ada pada daun muda. Pengendalian yang biasa dilakuakn adalah dengan penyemprotan pestisida curacron dan akarisida.

Ada pula penyakit yang cukup ditakuti seperti busuk phytphora. rebah semai. busuk antraknos dll. Penyakit ini menyerang daun. akar. batang hingga buah. Cara pengendaliannya bisa dilakukan dengan penyemprotan larutan fungisida.

Panen dan Pascapanen

Buah pepaya california siap dipanen ketika terlihat tanda-tanda seperti adanya semburat berwarna kuning di bagian ujung buah. Panen dilakukan dengan cara memotong bagian tangkai buah dengan gunting pangkas atau pisau yang tajam.

Buah pepaya yang telah dipanen sebaiknya ditempatkan di ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan diberi alas plastik atau koran bekas. Buah pepaya ini bisa dipanen dengan periode waktu 10 hari sekali.

Gesti dalam menghadapi situasi wabah corona ini tetap berproduksi memelihara tanaman Pepaya California dan sayuran organiknya dan memasarkan produk pertanian dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dalam situasi wabah corona ini aktifitas memasarkan produk tetap dilakukan dengan melakukan terobosan baru seperti jualan online.

?Situasi wabah seperti ini kami harus putar otak dan jemput bola mengenai pemasaran produk kebun harus tetap di pasarkan kami harus buat terobosan.? ungkap Gesti.
Lanjutnya. dengan memanfaatkan teknologi informasi kami membuka pesanan dari pembeli melalui jualan online yaitu melalui aplikasi Whatsapp dan langsung kami antar pesanannya ke pembeli.
?Selain WA kami juga memasarkannya melalui facebook dan IG.? Ujar Gesti.

Dipublikasi Pada : 28-04-2020