Cara Membuat Kolam Terpal di Atas tanah

Sumber : pertanianku.com

Sebelum?membuat kolam terpal. Anda harus menyiapkan bahan utamanya yaitu terpal dan kerangka yang digunakan untuk menguatkan kolam. Ukuran dan ketebalan terpal akan beragam. bergantung pada merek terpal yang Anda gunakan. Kolam terpal memang dinilai lebih ekonomis dan praktis untuk digunakan. terlebih untuk para pembudidaya ikan air tawar yang baru mulai mencoba budidaya.

Ukuran terpal yang dibutuhkan bergantung pada luas kolam yang ingin Anda buat. Ketebalan terpal yang dimiliki juga berbeda-beda dan biasanya dibedakan dengan kode A2. A3. A5. A6. A7. A9. dan A12. Sementara. bahan kerangka yang digunakan bisa terbuat dari bambu atau kayu. pipa. atau batu bata.

Membudidayakan ikan dalam kolam terpal sebenarnya mudah. jika Anda mengetahui caranya dengan benar. Anda bisa membaca cara membuat kolam terpal secara lengkap pada buku Panen Ikan di Kolam Terpal.

Ada tiga jenis kolam terpal yang bisa Anda buat. yaitu kolam di atas tanah. kolam terpal di dalam tanah. dan kolam terpal masuk sebagian di dalam tanah. Teknik pembuatan masing-masing kolam berbeda-beda. Berikut ini ulasan cara membuat kolam terpal di atas tanah.

  1. Lahan yang digunakan untuk membangun kolam terpal harus diratakan terlebih dahulu. Bersihkan tanah dari benda-benda tajam yang bisa merobek terpal seperti kayu. pecahan batu. dan kaca.
  2. Tentukan titik-titik tiang kolam dan kemudian tancapkan pasak dari bambu dengan menggunakan batu.
  3. Rentangkan tali rafia untuk memudahkan Anda membuat kerangka kolam terpal.
  4. Pasang kerangka kolam sesuai dengan cara melingkari pasak yang sudah Anda buat. Setiap bagian ujung kolam kemudian dipaku agar kerangka kolam menjadi lebih kuat.
  5. Buat saluran pembuangan air di salah satu sisi bagian kolam. Pasang dan padatkan sekeliling pipa dengan menggunakan tanah.
  6. Simpan terpal yang akan digunakan di dekat salah satu sisi kolam. bagian biru terpal diletakkan pada bagian atas. Rentangkan terpal hingga ke sisi kolam yang lainnya.
  7. Rapikan terpal yang sudah dibentangkan ke semua sisi kolam. Sisi dan ujung kolam dirapikan dengan cara melipat terpal dan dipaku agar terpal tidak le
  8. Isi kolam dengan air agar bentuk terpal bisa disesuaikan dengan kerangka yang sudah dibuat.
  9. Rapikan sisi kolam lainnya dengan menancapkan paku pada kerangka kolam.
  10. Lubangi terpal yang menutupi saluran air dengan menggunakan pisau membentuk tanda plus secara hati-hati agar terpal tidak robek.
  11. Pasang pipa saluran yang sudah dibuat.
  12. Kolam sudah bisa diisi dengan air untuk diberi perlakuan terlebih dahulu sebelum mulai dimasuki benih ikan.

Dipublikasi Pada : 14-05-2020