Cara Meningkatkan Bobot Kambing Potong

sumber : pertanianku.com

Hasil akhir yang diinginkan dari ternak kambing potong adalah bobot badan yang maksimal sehingga membuat harga jual kambing menjadi lebih tinggi. Untuk?meningkatkan bobot kambing potong. para peternak memiliki caranya masing-masing. bergantung pada kemampuannya.

Namun. pada dasarnya untuk meningkatkan bobot kambing potong dapat dilakukan dengan memerhatikan beberapa hal di bawah ini.

Ketahui kebutuhan nutrisi pakan kambing potong

Pakan sangat memengaruhi pertumbuhan bobot kambing potong. Anda harus mengetahui jenis pakan mana yang bisa menaikkan bobot kambing potong. Kambing lebih menyukai pakan hijauan berupa dedaunan ketimbang rumput. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang lebih tinggi di dedaunan dibandingkan rumput.

Selain hijauan berupa dedaunan. Anda bisa memberikan konsentrat atau pakan penguat untuk menambah nutrisi agar pertumbuhan bobot menjadi lebih cepat. Konsentrat bisa dibuat sendiri atau membelinya di toko peternakan.

Ramuan untuk pedet

Pemenuhan nutrisi sudah harus dilakukan sejak pedet atau anak kambing yang masih kecil. Hal ini berguna untuk menghasilkan bakalan kambing yang berkualitas. Setelah bisa makan hijauan. pedet diberikan rumput dan dedaunan dengan perbandingan yang sama tanpa diberikan pakan konsentrat.

Ramuan selama masa penggemukan

Masa penggemukan dilakukan setelah pedet selesai disapih. Penggemukan dilakukan untuk mempersiapkan kambing tumbuh menjadi kambing potong. Penggemukan yang baik adalah menghasilkan kambing yang mengandung daging tinggi dengan kandungan lemak yang rendah. Hal tersebut merupakan ciri-ciri daging berkualitas.

Cara pemberian pakan

Cara pemberian pakan juga harus dilakukan dengan benar agar pakan yang diberikan dapat digunakan secara efektif dan tidak terbuang sia-sia. Untuk meningkatkan bobot kambing menjadi 2 kali lipat lebih cepat dari biasanya. para peternak mengombinasikan antara hijauan dan konsentrat. Konsentrat yang digunakan tidak usah terlalu banyak karena statusnya hanya menjadi pakan pelengkap.

Waktu pemberian

Pemberian pakan juga harus dilakukan sesuai dengan jadwal yang sudah dilakukan sejak awal perawatan. Peternak kambing di Yogyakarta biasanya memberikan pakan pada pukul 08:00. 14:00. dan 20:00. Di sela-sela waktu makan. biasanya kambing diberikan pakan tambahan dua kali. yaitu pukul 11:00 dan 17:00. Anda bisa menggunakan pola pemberian pakan tersebut karena sudah terbukti bisa memberikan pertumbuhan bobot yang maksimal.

Dipublikasi Pada : 10-07-2020